Thursday, July 18, 2024
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Abdoel Moeis

Biografi Abdoel Moeis

Pahlawan Nasional Dari Sumatera Barat

Keresahan sebagai seorang pribumi yang merasakan ketidakadilan di bawah “kaki” kolonial, membuatnya terjun dalam bidang politik. Moeis lalu masuk organisasi SI (Sarekat Islam) pada 1913, sebelumnya nama Moeis naik daun saat artikel-artikelnya yang mengecam pemerintah kolonial yang merendahkan kaum pribumi sering dimuat De Express milik IP (Indische Partij). Moeis ikut mengurusi surat kabar Oetoesan Hindia milik SI pada 1915 dan ikut pula mendirikan surat kabar harian Kaoem Moeda di Bandung.

Pengalaman dalam media semakin banyak dan ia juga semakin kritis saat bergabung dalam surat kabar Neratja, ia semakin lantang menyerukan kemerdekaan bangsa pribumi. Moeis semakin radikal. Kepada anggota sarekat, ia selalu menanamkan semangat perjuangan melawan pemerintah kolonial. Ketika kongres Sarekat Islam diadakan pada 1916, ia menganjurkan agar Sarekat Islam (SI) bersiap-siap menempuh cara kekerasan menghadapi pemerintah apabila cara lunak tidak berhasil.

BACA JUGA :  NATO Akan Berperang Bersama Koalisi AS Di Suriah

Abdoel Moeis juga ikut terlibat dalam Komite Boemi Poetra untuk mengadakan perlawanan terhadap maksud pemerintah kolonial yang akan mengadakan perayaan besar-besaran 100 tahun kemerdekaan negeri Belanda dari Prancis. Melalui komite ini juga, Moeis turut mendesak Ratu Belanda agar memberikan kebebasan bagi bangsa pribumi dalam berpolitik dan bernegara.

Pada 1917, Moeis dipercaya sebagai utusan Sarekat Islam untuk pergi ke negeri Belanda mempropagandakan komite Indie Weerbaar. Dalam kunjungan itu, ia mendorong tokoh-tokoh Belanda untuk mendirikan THS (Technische Hooge School) di Priangan. Sekembalinya dari negeri Belanda, pada 1918, Abdoel Moeis ditunjuk sebagai anggota Volksraad mewakili Central Sarekat Islam.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

54-rusia-bantu-iran-luncurkan-satelit-observasi

Gunakan Roket Soyuz, Rusia Akan Bantu Luncurkan Satelit Iran Pada 2018

0
Hobbymiliter.com - Rusia berencana untuk meluncurkan sistem observasi satelit bagi Republik Iran dalam dua tahun mendatang. Demikian disampaikan oleh Leonid Macridenko, kepala Sistem Pengawasan, Informasi,...

Recent Comments