Wednesday, October 5, 2022
HomeAlutsistaRudalHome-on-Jamming, Kapabilitas Anti Jamming Rudal BVR AIM-120D AMRAAM

Home-on-Jamming, Kapabilitas Anti Jamming Rudal BVR AIM-120D AMRAAM

Sebagai rudal jarak menengah, AMRAAM dibekali dengan radar dan komputer sebagai perangkat pengendus utama. Sesaat sebelum rudal ditembakkan, komputer pada pesawat tempur akan memberikan data awal sasaran, isinya di mana posisi awal sasaran, arah sasaran dan kecepatan sasaran. Komputer navigasi pada rudal akan menghitung lintasan rudal yang paling optimal untuk mencegat sasaran. Data awal ini bisa didapat dari radar pesawat penembak, sistem IRST pesawat penembak, data radar pesawat teman yang dikirim via datalink dan juga dari pesawat AWACS yang radarnya sangat powerful. Keuntungan menembakkan rudal dengan tetap mematikan radar dan mengambil data dari radar lain ( via datalink pesawat lain/AWACS) adalah posisi pesawat penembak sangat mungkin tidak terdeteksi sistem RWR sasaran, sehingga dapat memberikan serangan kejutan. Apalagi jika dilakukan dari posisi belakang, sehingga juga tidak tercakup liputan radar di hidung pesawat lawan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

tujuan jepang memberikan janji kemerdekaan kepada indonesia

Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia

0
Tujuan Jepang Memberikan Janji Kemerdekaan kepada Indonesia - HobbyMiliter.com - Sebuah janji manis terlontarkan ketika Jepang pertama kali menginjakan kakinya di Indonesia. Bagaimana tidak,...

Recent Comments