Tuesday, June 18, 2024
HomeAlutsistaRudalHome-on-Jamming, Kapabilitas Anti Jamming Rudal BVR AIM-120D AMRAAM

Home-on-Jamming, Kapabilitas Anti Jamming Rudal BVR AIM-120D AMRAAM

AIM-120 AMRAAM TNI AU

Teknik passive radar homing seperti ini bukanlah hal baru. Amerika sudah melakukannya dengan rudal penghancur radar dan penghancur sistem anti serangan udara AGM-88 HARM. Pada perang Teluk 90-an dulu, rudal HARM digunakan untuk mengunci asal gelombang radar darat Iraq, kemudian menghancurkannya. Menjadikan garis pertahanan udara Iraq berlubang.

Jika perangkat ECM/ECCM yang melakukan jamming tersebut berada didalam pesawat yang sama dengan target, maka target sekaligus jammer pengganggu akan tereliminasi pada saat yang bersamaan. Jika berada dalam pesawat yang berbeda, pesawat penembak bisa melakukan salvo kedua rudal AMRAAM, atau jika jaraknya cukup dekat, menembakkan rudal Sidewinder. Rudal AIM-9X Sidewinder yang menggunakan seeker Infra Red tidak dapat dijamming oleh ECM/ECCM.

BACA JUGA :  USAF Uji Coba Integrasi Prototype Rudal Hypersonic Amerika dengan Bomber B-52

Sebagai tambahan informasi, Indonesia saat ini tengah melakukan pengadaan beberapa rudal AIM-120 AMRAAM untuk mempersenjatai sistem rudal penangkis serangan udara NASAMS 2 sekaligus untuk mempersenjatai F-16A/B MLU yang sedang dalam proses upgrade.

Bagaimana komentar pembaca mengenai kemampuan AMRAAM menghindar dari jamming ini?

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Keberangkatan 9 KRI Komando Armada RI Kawasan Barat dalam Latihan Gabungan TNI 2013.

Keberangkatan 9 KRI Komando Armada RI Kawasan Barat dalam Latihan Gabungan...

0
Keberangkatan 9 KRI Komando Armada RI Kawasan Barat dalam Latihan Gabungan TNI 2013 - HobbyMiliter.com. Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda...

Recent Comments