Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterSekilas Program Drone Bawah Air XL-AUV AL Australia

Sekilas Program Drone Bawah Air XL-AUV AL Australia

Hobbymiliter.com – Pemerintah Australia melalui Departemen Pertahanan (Department of Defence) resmi menggandeng perusahaan industri produsen wahana nir-awak bawah air asal Amerika Serikat, Anduril dalam merancang, serta memproduksi wahana nir-awak bawah air jenis Extra Large Autonomous Undersea Vehicle, atau disingkat XL-AUV. Wahana tanpa awak bawah air ini rencananya akan digunakan oleh Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy, disingkat RAN). Rencananya, seluruh tahapan riset, pengembangan, serta produksi wahana nir-awak bawah air ini akan dilakukan di dalam negeri Australia. Anduril juga resmi membuka kantor di Australia sebagai komitmen perusahaan tersebut untuk mendukung proyek pengembangan dan produksi XL-AUV tersebut di dalam negeri Australia.

Pengembangan dan produksi XL-AUV untuk AL Australia ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan AL Australia dalam mengoperasikan aset wahana nir-awak bawah air, serta memberikan kemampuan baru bagi AL Australia dalam rangka menjaga, mengawasi dan mengamankan wilayah perairan kedaulatan Australia, juga sebagai upaya untuk mendukung fungsi-fungsi pemetaan wilayah bawah air, operasi-operasi survey kelautan yang nantinya dapat menghasilkan data yang dapat digunakan baik oleh kalangan militer maupun sipil kelautan di Australia. Nantinya kapabilitas ini juga secara tidak langsung diharapkan akan menjadi salah satu efek deteren dan memberikan jaminan kestabilan dan keamanan situasi di wilayah perairan indo-pasifik. Program pengembangan dan produksi wahana nir-awak bawah air ini diperkirakan akan memakan biaya sebesar 100 juta Dollar AS.

BACA JUGA :  Selayang Pandang Armada Pesawat Tanpa Awak China Di Laut China Selatan

Sebanyak tiga unit prototype akan diproduksi dan dikirim ke Angkatan Laut Australia sebagai bagian dari program yang ditargetkan selesai dalam tiga tahun kedepan. XL-AUV akan menjadi sebuah wahana nir-awak bawah air yang memiliki kemampuan autonomous, multi-misi, modular, dan dapat melaksanakan serangkaian operasi baik untuk kepentingan militer maupun sipil dengan membawa muatan yang berbeda-beda tergantung jenis operasi yang dilakukan. Dengan daya angkut (payload) yang cukup besar, XL-AUV juga dapat melakukan misi peperangan bersenjata bawah air, misi pengintaian, misi pemetaan wilayah bawah air, bahkan juga dapat digunakan untuk membantu melakukan proses akusisi target bagi sistem senjata lain yang lebih besar (dalam hal ini biasanya kapal selam dan kapal perang permukaan,red).

BACA JUGA :  Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

Disamping memberi manfaat bagi pemerintah dan militer Australia, program pengembangan wahana nir-awak XL-AUV, seperti program-program pengembangan sistem senjata dan perlengkapan tempur buatan dalam negeri Australia yang lainnya, juga akan memberi manfaat bagi masyarakat Australia. Ini karena, hampir semua program pengembangan alutsista baru untuk Australia mewajibkan setiap industri yang terpilih untuk dapat menyerap tenaga kerja lokal dalam negeri Australia sebagai bagian dari proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi produksi bagi sistem senjata tersebut. Anduril sendiri selaku produsen sistem wahana nir-awak bawah air XL-AUV berjanji akan melakukan rekrutmen tenaga ahli di bidang software development, maritime engineering, propulsion design, dan sebagainya yang diperlukan untuk kelancaran proses riset dan pengembangan wahana nir-awak untuk AL Australia tersebut.

BACA JUGA :  Yakovlev Yak-25RV Mandrake, Pesawat Mata-Mata Dari Uni Soviet

Sementara itu, diketahui bahwa dua negara mitra Australia dalam pakta pertahanan AUKUS, yakni Amerika Serikat dan Inggris, juga tengah mengembangkan sistem wahana nir-awak bawah air ukuran besar. Amerika sendiri tengah fokus pada pengembangan XLUUV Orca sementara Inggris, juga tengah berfokus pada pengembangan XLUUV Manta.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

87-kri-re-martadinata-selesai-lakukan-ujicoba-pelayaran

Kapal Fregat PKR KRI RE Martadinata Sukses Lakukan Ujicoba Pelayaran

0
Hobbymiliter.com - Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) SIGMA 10514 milik TNI AU, KRI Raden Eddy (RE) Martadinata, sukses melakukan ujicoba pelayaran perdananya. Kapal bertipe...

Recent Comments