Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterPrancis Pesan Pod TALIOS Tambahan Untuk Jet Tempur Rafale

Prancis Pesan Pod TALIOS Tambahan Untuk Jet Tempur Rafale

Hobbymiliter.com – Pemerintah Prancis melalui Badan Pengadaan Pertahanan (Direction Générale de l’Armement atau disingkat DGA,red) dikabarkan memesan kembali sebanyak 21 unit pod targeting-system TALIOS (Targeting Long-range Identification Optronic System) pada perusahaan industri pertahanan Thales. Sebanyak 21 unit pod targeting-system tersebut rencananya akan diintegrasikan pada unit-unit pesawat tempur Rafale. Sebelumnya, Badan Pengadaan Pertahanan Prancis (DGA) juga telah melakukan pemesanan sebanyak 46 unit pod targeting-system tersebut pada kontrak sebelumnya. Seluruh pesanan tambahan dari Prancis yakni 21 unit akan dikirimkan pada medio tahun 2024-2025, sebagai lanjutan dari pesanan sebelumnya yakni 46 unit. Total sebanyak 67 unit akan memperkuat AU Prancis jika seluruh pesanan ini dapat dikirimkan oleh Thales tepat waktu.

BACA JUGA :  Patroli di Tanah Papua

Pod TALIOS targeting-system yang akan dikirimkan kepada Prancis ini telah menjalani proses peningkatan kemampuan atau upgrade. Beberapa fitur yang menjadi perhatian dalam upgrade ini adalah adanya kemampuan tambahan seperti fungsi Vision Permanent yang mampu menyediakan peta 3 dimensi virtual yang menampilkan situasi medan operasi secara real-time, mode identifikasi udara-ke-udara baru, sensor warna baru yang memiliki jangkauan spektrum lebih tinggi dari kamera thermal yang ada pada pod tersebut, serta mode pengintaian udara taktis. Selain itu, sistem targeting pod ini juga terhubung secara top-down dengan menggunakan datalink sehingga memungkinkan unsur pasukan yang berada di darat untuk mendapat data target secara real-time. Melengkapi rangkaian kemampuan tersebut, kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence atau disingkat AI juga ditanamkan pada sistem pod targeting ini, yang akan membantu mempermudah proses deteksi dan pengenalan atas target/sasaran. Proses peningkatan kemampuan atas pod targeting-system ini merupakan bagian dari program upgrade standar pesawat jet tempur Rafale F4.

BACA JUGA :  Duterte Ancam Coret Pakta Kerjasama Militer Filipina Dengan AS

Seluruh rangkaian proses peningkatan kemampuan untuk pod targeting-system ini menurut pihak Thales akan membuat pesawat jet tempur Rafale F4 mampu melakukan misi pengintaian udara dan misi serang darat terhadap posisi lawan secara bersamaan.

Pod targeting-system TALIOS ini telah mulai dikembangkan sejak tahun 2008 sebagai sebuah pod targeting-system yang dapat dibawa oleh pesawat jet tempur, dan memiliki arsitektur terbuka yang memungkinkan sistem ini untuk dapat digunakan segera setelah dipasangkan ke pesawat tempur yang dimiliki oleh negara pembeli, sehingga meminimalisir waktu yang digunakan untuk penyiapan/setting.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sah ! Parlemen Finlandia Setujui Proposal Gabung NATO

Sah ! Parlemen Finlandia Setujui Proposal Gabung NATO

0
Hobbymiliter.com – Lembaga legislatif pemerintah Finlandia, yakni Parlemen Finlandia, telah selesai mengadakan debat dan voting terkait usulan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto dan Perdana Menteri...

Recent Comments