Kapal Fregat Kelas Ahmad Yani Akan Dipensiunkan Mulai 2017

0
8776
14-kapal-ahmad-yani-akan-dipensiunkan-pada-2017

Hobbymiliter.com – Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia (TNI-AL) telah memutuskan untuk mempensiunkan kapal pertama dari enam unit kapal fregat Ahmad Yani mulai tahun depan. Demikian disampaikan oleh sumber internal TNI-AL kepada pihak media militer internasional pada hari Rabu silam.

Penjadwalan kapal yang akan memasuki masa pensiun sudah lebih dahulu dibahas pada acara pertemuan akbar tahunan untuk membahas rencana kerja logistik dan teknis Angkatan Laut Indonesia. Acara ini telah dilaksanakan pada awal Januari silam di markas Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) di Jakarta Pusat.

BACA JUGA :  Pasukan Prancis Dukung Pasukan Demokratik Suriah

“Kapal kelas Ahmad Yani akan dibebastugaskan satu per satu secara bertahap mulai dari 2017 hingga 2022,” kata sumber internal AL. Meski begitu, belum jelas unit KRI mana sajakah yang akan dipensiunkan terlebih dahulu.

Menurut kantor berita IHS Janes, kapal tersebut pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Belanda (RNLN) pada era 1967 hingga 1968 dengan nama Van Speijk. Unit ini kemudian diserahkan kepada TNI-AL pada era 1986 dan 1989.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here