Monday, May 23, 2022
HomeMiliterAlutsistaLatih Awak PzH2000 Dari Ukraina, Jerman Siap Kirimkan Sistem Artileri Bantu Ukraina

Latih Awak PzH2000 Dari Ukraina, Jerman Siap Kirimkan Sistem Artileri Bantu Ukraina

Hobbymiliter.com – Rangkaian kegiatan pelatihan personel pengawak kendaraan sistem artileri meriam howitzer swa-gerak Panzer Haubitze / PzH2000 kaliber 155 milimeter untuk personel dari Ukraina mulai dilakukan sejak tanggal 9 Mei 2022 di Jerman. Sebagai awal mula, sebanyak 20 orang personel Angkatan Bersenjata Ukraina yang merupakan calon pengawak sistem artileri meriam howitzer swa-gerak buatan Jerman ini, mulai dilatih di sekolah khusus artileri milik Angkatan Bersenjata Jerman yakni Bundeswehr artillery school. Adapun kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di wilayah Idar-Oberstein, Rhineland-Palatinate, di barat daya Jerman. Selama pelatihan, personel dari Ukraina ini akan diajari oleh personel pengawak sistem meriam artileri howitzer swa-gerak PzH2000 dari Jerman dan Belanda, dimana kedua negara tersebut mengoperasikan sistem meriam artileri yang sama.

BACA JUGA :  Apakah Rudal S-300 Begitu Sulit Dipelajari dan Dioperasikan?

Sebanyak 20 orang personel yang dikirim oleh Ukraina pada tahap awal kegiatan pelatihan ini merupakan personel yang memiliki pengalaman mengoperasikan sistem meriam artileri swa-gerak dari jenis yang lain yang sebelumnya dimiliki oleh Angkatan Bersenjata Ukraina sebelum invasi Russia terhadap wilayah Ukraina. Nantinya secara bertahap Ukraina akan mengirimkan kembali personel untuk melakukan pelatihan yang sama pada gelombang selanjutnya. Berdasar laporan agensi pers Jerman (Deutsche Presse-Agentur, disingkat DPA, red), untuk melatih sebanyak 60 orang personel pengawak dari Ukraina, termasuk didalamnya spesialis dan penerjemah bahasa, dapat memakan waktu hingga 40 hari lamanya, bergantung pada pengalaman dari masing-masing personel.

BACA JUGA :  Tiga Kapal Perang TNI AL "Sisir" Perairan Aceh

Dimulainya pelatihan untuk personel pengawak sistem meriam artileri swa-gerak howitzer PzH2000 dari Ukraina merupakan kelanjutan dari pernyataan pihak Angkatan Darat dan Menteri Pertahanan Jerman, Christine Lambrecht pada tanggal 6 Mei 2022 bahwa Jerman siap untuk mengirimkan sebanyak 7 unit kendaraan sistem meriam artileri swa-gerak howitzer PzH2000 dari depo perawatan dan persediaan sistem senjata Bundeswehr. Langkah ini, juga diikuti oleh Belanda yang menyatakan akan mengirimkan juga sebanyak 5 unit sistem meriam artileri swa-gerak howitzer dari jenis yang sama, menuju Ukraina. Menteri Pertahanan Jerman sendiri menyebut bahwa sistem meriam tersebut akan diambil dari persediaan sistem senjata di Jerman yang mana unit-unit yang akan dikirim saat ini sedang menjalani proses perawatan atau maintenance rutin, sehingga tidak akan mengganggu atau memberi dampak yang buruk pada kualitas dan kemampuan Bundeswehr secara umum selaku Angkatan Bersenjata Jerman.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

LMM Martlet, Rudal Hanud Multi-Misi Terbaru Yang Dimiliki Indonesia?

LMM Martlet, Rudal Hanud Multi-Misi Terbaru Yang Dimiliki Indonesia?

0
Hobbymiliter.com – Dalam sebuah unggahan yang di tayangkan pada akun media sosial Instagram milik Batalyon Artileri Pertahanan Udara 14 (Yonarhanud-14) TNI Angkatan Darat pada...

Recent Comments