Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterBiografiMengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang...

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI
Nama Silas Papare Juga Diabadikan Sebagai Nama Pangkalan Udara TNI AU Di Sentani, Jayapura.
Sumber : mylesat

Membantu Sekutu Melawan Jepang

Pada masa pendudukan pasukan Jepang di wilayah Hindia Belanda (kala itu belum menjadi Indonesia,Red) di Perang Dunia II, beliau turut berperang melawan pasukan Jepang dan menunjukkan sikap kerjasamanya dengan Sekutu kala itu. Sepak terjang Silas Papare dalam beberapa gerakan perlawanan melawan Jepang banyak dilakukan dalam sektor intelijen dan komunikasi.

Papare bahkan diketahui menjadi penghubung antara pasukan Sekutu dan komunitas warga lokal Papua. Tidak hanya itu, Silas Papare bahkan sempat menjadi salah satu agen operatif lokal NEFIS atau Netherlands East Indies Force Intelligence Service, suatu badan intelijen yang dibuat oleh komando pasukan Belanda di wilayah Timur dan bertugas untuk menjalankan misi-misi intelijen dan spionase di wilayah Hindia Belanda yang kala itu masih diduduki pasukan Jepang.

BACA JUGA :  Norinco Akan Tampilkan Tank VT-5 Di Zhuhai Airshow

Informasi yang diberikan oleh Papare banyak membantu pasukan Sekutu dalam menjalankan berbagai operasi militer untuk merusak dan merebut instalasi militer milik Jepang yang berada di wilayah papua kala itu. Ia juga membantu pasukan sekutu dalam misi penyerangan terhadap kedudukan pasukan Jepang yang dilakukan pada tanggal 10 Agustus 1944. Atas informasinya, pasukan sekutu berhasil menjatuhkan bom terhadap kedudukan pasukan Jepang dengan akurasi yang tinggi.

Beliau banyak terlibat dalam membantu misi pasukan Sekutu pada fase-fase selanjutnya dalam merebut pulau Papua kembali ke tangan Sekutu. Pasca Perang Dunia II berakhir, pemerintah Belanda memberi penghargaan medali Bronze Lion kepadanya dan memberi pangkat Sersan kepada pria asli Papua ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

55-as-secara-resmi-tuduh-rusia-sebagai-dalang-peretasan-email-partai-demokrat-2

AS Secara Resmi Tuduh Rusia Sebagai Dalang Peretasan Email Partai Demokrat

0
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat secara resmi menuduh “pejabat-pejabat paling senior” di Rusia sebagai dalang dari serangan peretasan yang menargetkan beberapa lembaga politik di Amerika...

Recent Comments