Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterBiografiMengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang...

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI

Sayangnya, Silas sempat menjalani hukuman penjara pada tahun yang sama (1962) selama satu tahun dan dibebaskan pada 1963 untuk kemudian kembali memperjuangkan hak – hak warga masyarakat Papua Barat melalui keikutsertaannya di pemerintah pusat RI. Pada tahun 1966, ia dan anggota parlemen lain yang juga merupakan perwakilan dari provinsi Papua menyerukan kritik terhadap pemerintah pusat yang dianggap mengabaikan daerah Papua dan mendesak PBB untuk segera menggelar Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera).

Penggalan Memoir Adam Malik Saat Silas Meninggal. Tertulis Tanggal Wafat Silas Papare 7 Maret 1979.
Sumber : Buku Biografi Pahlawan Nasional Marthin Indey dan Silas Papare, Terbitan Depdikbud 1997.

Akhir Hidup Dan Penghormatan

Beliau meninggal pada tanggal 7 Maret 1979 (berdasarkan kutipan informasi dari buku Biografi Pahlawan Nasional Marthin Indey dan Silas Papare terbitan Depdikbud 1997, ditambah bukti lampiran tulisan memoir karya Adam Malik Wakil Presiden RI saat itu yang berjudul “IN MEMORIAN – SDR. SILAS PAPARE”) pada usia 61 tahun, di Jakarta. Jenazahnya dimakamkan di Serui, kota kelahirannya di Papua.

BACA JUGA :  PT DI Jajaki Kemungkinan Pesanan NC212i Tambahan Untuk AU Filipina

Untuk menghormati jasa-jasa selama hidupnya untuk negara Republik Indonesia, pemerintah Republik Indonesia resmi memberi gelar Pahlawan Nasional Indonesia kepada Silas Papare pada tahun 1993. Nama Silas Papare kemudian diabadikan sebagai nama salah satu kapal perang Republik Indonesia (KRI) dari jenis Korvet kelas Parchim yakni KRI Silas Papare dengan nomor lambung 386. Selain menjadi nama KRI, di tubuh militer Indonesia nama Silas Papare juga diabadikan sebagai nama pangkalan TNI Angkatan Udara di Jayapura.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon

0
Perkuat Luftwaffe, Jerman Akan Beli Jet Tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon - Hobbymiliter.com – Pemerintah Jerman menyatakan akan melakukan akuisisi alat utama sistem senjata...

Recent Comments