Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterBiografiMengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang...

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI

KRI Silas Papare Dengan Nomor Lambung 386.
Sumber : swarabanten

Pindah Ke Pulau Jawa

Akibat kemunculannya pada tanggal 17 Agustus 1947 dalam memimpin upacara bendera di Manokwari dimana bendera Merah Putih milik Indonesia dikibarkan sebagai peringatan 2 tahun kemerdekaan Indonesia, Silas Papare kembali dipenjara oleh pemerintah Belanda di Serui, meskipun pada akhirnya ia dibebaskan atas desakan Alwi Rachman, dan warga lokal Serui lainnya.

Pemerintah Belanda kemudian kembali membawa Papare ke Biak dengan alasan bahwa ia telah mengalami hilang ingatan. Menggunakan alasan yang sama, ia berhasil menipu pemerintah Belanda dan akhirnya bisa berangkat ke Pulau Jawa. Di Yogyakarta, pada bulan Oktober 1949, Papare mendirikan Badan Perjuangan Irian dan kemudian ia juga turut berangkat menghadiri Konfrensi Meja Bundar sebagai perwakilan dari Partai Kemerdekaan Indonesia Irian.

BACA JUGA :  Senjata-senjata Canggih Rusia Yang Memulai Debutnya Di Suriah

Diantara tahun 1951 hingga 1954, Silas Papare bekerja di beberapa rumah sakit di Jakarta sebelum ia ditunjuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sementara (DPRS) untuk menggantikan posisi Rajiman Wediodiningrat. Ia sempat mengemban jabatan sebagai Komisioner dalam sebuah Biro Irian yang dibentuk pemerintah pusat Republik Indonesia untuk memperjuangkan dan membantu proses integrasi Papua kedalam wilayah kedaulatan Republik Indonesia dan membentuk embrio awal pemerintahan provinsi Papua dibawah jabatan seorang Gubernur.

Niat Silas Papare untuk menjadi Gubernur provinsi Papua dimasa depan tidak dapat direalisasikan setelah Biro Irian dibubarkan dan diganti menjadi Pemerintah Provinsi Papua pada tahun 1957. Ia kemudian kembali ditugaskan untuk menduduki jabatan sebagai anggota DPRS pada tahun 1956 sebagai salah satu perwakilan dari Papua. Ia menduduki jabatan sebagai anggota parlemen RI tersebut hingga akhirnya pensiun pada tahun 1960.

BACA JUGA :  Kehidupan Politik Kerajaan Tarumanegara

Kontribusi besar Silas Papare bagi Indonesia yang dapat disebut sebagai “kontribusi terakhir” dalam upaya mendukung kemerdekaan Indonesia yang seutuhnya adalah saat ia dikirim ke Amerika Serikat pada tahun 1962 yang pada akhirnya menghasilkan Perjanjian New York yang berisi detail teknis penyerahan kedaulatan Papua Barat dari tangan Belanda ke tangan Indonesia secara bertahap.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

54-korut-besiap-ujicoba-senjata-nuklir-terbarunya

Situs Nuklir Aktif, Korut Bersiap Lancarkan Ujicoba Nuklir Terbarunya

0
Hobbymiliter.com - Sebuah kelompok pengamat pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa saat ini Korea Utara kemungkinan sedang mempersiapkan ujicoba nuklir terbarunya. Hal ini didapatkan setelah mereka...

Recent Comments