Saturday, April 20, 2024
HomeBlog MiliterReferensiMengenal Ibu Kota Brunei Darussalam

Mengenal Ibu Kota Brunei Darussalam

Kesultanan Brunei pada pemerintahan Sultan kelima tahun 1473 sampai 1521 oleh Sultan Bolkiah pernah mengalami masa kejayaan paling kuat. Karena di masa ini bisa terkenal karena perjalanan mengelilingi samudra dan berhasil menaklukan Manila.

Pada masa pemerintahan sultan kesembilan oleh Hasan di tahun 1605 sampai 1619, Brunei berhasil mengembangkan sistem pengadilan kerajaan yang masih diterapkan sampai saat ini.

Setelah sepeninggalan Sultan Hassan, kejayaan kesultanan Brunei mulai memudar karena terjadi perebutan kekuasaan dan mulai masuk kekuasaan kolonial Eropa. Sehingga mengacaukan jalur perdagangan dan ekonomi Brunei dan di seluruh negara di Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Arti Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya

Dimana Letak Ibu Kota Brunei Darussalam?

Tahukah kamu Ibu Kota Brunei Darussalam terletak ada dimana? Ibu kota dari negara tetangga kita ini terletak di kota Bandar Seri Begawan dan kota ini menjadi pusat kota, pusat sejarah dan tempat kesultanan Brunei berada.

Sejarah Ibu Kota Brunei Darussalam

Menurut sejarahnya Kota Bandar Seri Begawan menjadi ibu kota Brunei Darussalam sejak tahun 1970. Penentuan ibu kota negara Brunei Darussalam ini terjadi ketika Omar Ali Saifuddin turun tahta yang digantikan oleh anak laki-lakinya yang kedua bernama Hassanal Bolkiah.

BACA JUGA :  Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan Malaysia

Saat itu mantan Sultan masih tetap menjabat menjadi Menteri Pertahanan dan mendapat gelar Seri Begawan. Dan saat itu ibu kota Brunei yang tadinya bernama Brunei Town diubah nama jadi Bandar Seri Begawan, untuk menghormati mantan sultan tersebut.
Fakta Tentang Kota Bandar Seri Begawan

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

92-tiongkok-jual-roket-cepat-tanggap-kuaizhou-11-generasi-terbaru-secara-komersial

2017, Tiongkok Jual Roket Cepat Tanggap Kuaizhou Generasi Baru Secara Komersial

0
Hobbymiliter.com - Roket cepat tanggap generasi terbaru buatan dalam negeri Tiongkok diperkirakan akan segera digunakan dalam peluncuran komersial mulai tahun mendatang. Hal ini disampaikan...

Recent Comments