Saturday, February 24, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur

Sejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur

Sejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur – HobbyMiliter.com – Provinsi Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sejarah yang kaya dan panjang. Terletak di bagian timur Pulau Jawa, provinsi ini memiliki peran penting dalam perkembangan budaya, politik, dan ekonomi Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah Provinsi Jawa Timur mulai dari masa prasejarah hingga saat ini.

Masa Prasejarah dan Kerajaan Kuno

Wilayah Jawa Timur telah dihuni sejak masa prasejarah, seperti yang ditunjukkan oleh penemuan fosil manusia purba di Ngawi dan Sambungmacan. Pada abad ke-8 dan ke-9, wilayah ini menjadi bagian dari kerajaan Mataram Kuno, yang merupakan salah satu kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia pada masa itu. Mataram Kuno mencapai kejayaan budaya dan politik di bawah pemerintahan Raja Sanjaya.

BACA JUGA :  Awak Kapal Perang Rusia Tembaki Pesawat Angkut Militer Ukraina

Pada abad ke-13, kerajaan Majapahit, yang berpusat di Trowulan, Jawa Timur, memainkan peran sentral dalam sejarah Jawa Timur dan Indonesia secara umum. Majapahit dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar dalam sejarah Indonesia, dengan pengaruh budaya dan politik yang luas. Di bawah pemerintahan Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya.

Kedatangan Bangsa Eropa dan Kolonialisme di Jawa Timur

Pada abad ke-16, Jawa Timur menjadi sasaran para penjelajah Eropa yang mencari rempah-rempah dan kekayaan lainnya di Indonesia. Pada tahun 1527, Demak, salah satu kerajaan Islam di Jawa Timur, jatuh ke tangan Portugis. Namun, Portugis tidak bisa menguasai wilayah ini dengan kuat, dan mereka segera digantikan oleh Belanda.

BACA JUGA :  Sistem Pertahanan dan Keamanan di Indonesia yang Berkonsep Pertahanan Rakyat Semesta
Sejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur
Peta Provinsi Jawa Timur
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Foto-Foto Aksi Tim Ekspedisi NKRI Padamkan Kebakaran Hutan

Foto-Foto Aksi Tim Ekspedisi NKRI Padamkan Kebakaran Hutan

0
Hobbymiliter.com - Minggu siang (6/3/2016), telah terjadi kebakaran di hutan yang terletak dekat Polres Kaimana, Papua Barat. Kebakaran hutan yang mencapai 6 hektar itu,...

Recent Comments