Friday, July 3, 2020
Home Blog Militer LORA, Rudal Kontainer Israel Yang Hantam Target Sejauh 400 KM

LORA, Rudal Kontainer Israel Yang Hantam Target Sejauh 400 KM

LORA, Rudal Kontainer Israel Yang Hantam Target Sejauh 400 KM – HobbyMiliter.com -Perusahaan industri pertahanan Israel, Israel Aerospace Industries telah sukses melakukan uji coba peluncuran rudal balistik jarak pendek dari laut Tengah. Uji coba dilakukan dengan meluncurkan dua rudal, kedua rudal Israel tersebut berhasil menghantam dua target yang berbeda di jarak yang berbeda.

Rudal yang memiliki nama resmi Long-Range Artillery Weapon System, atau disingkat rudal LORA, merupakan sistem rudal ofensif terbaru Israel. Dalam uji coba ini, satu rudal diluncurkan ke target yang berjarak 90 kilometer dari kapal peluncur.

Sedangkan rudal kedua diluncurkan ke target yang berjarak 400 kilometer dari kapal peluncur. Dalam ujicoba ini kedua rudal berhasil meluncur, lalu bernavigasi menuju target dan akhirnya berhasil mengenai kedua target dengan presisi tinggi.

BACA JUGA :  AU Australia Lengkapi Jet Tempur Super Hornet Dengan IRST

Kontainer rudal LORA Israel
Kontainer rudal LORA Israel

Rudal LORA asal Israel ini adalah rudal balistik jarak pendek  permukaan ke permukaan yang berbasis kontainer. Rudal buatan industri pertahanan Israel ini dapat digunakan untuk menghantam target darat maupun target bergerak dilaut seperti misalnya kapal perang musuh.

Satu peluncur rudal berbentuk kontainer peti kemas ukuran standar dapat dimuati dengan 4 rudal LORA. Sementara itu ruang pusat komando dan kendali tembaknya menggunakan satu kontainer ukuran serupa yang berbeda. Satu sistem dirancang berupa lima kontainer peti kemas ukuran standar. Satu kontainer berisi ruang pusat komando dan kendali tembak, sedangkan empat kontainer lainnya diisi total 16 rudal LORA.

BACA JUGA :  MARINIR INDONESIA – AMERIKA KEJAR MUSUH DI HUTAN SELOGIRI

Ke lima kontainer ini dapat dimuat di sembarang kapal kargo manapun yang mampu mengangkut kontainer ukuran standar. Rudal didalam kontainer tersebut dapat disimpan tanpa perawatan sama sekali selama 7 tahun.

Rudal Lora
Tepat terkena sasaran

Dengan menggunakan kapal kargo komersial sebagai platform peluncur, diharapkan musuh tidak dapat mendeteksi adanya bahaya yang berarti dari kapal tersebut. Sehingga kemudian militer Israel dapat melakukan serangan pendadakan dengan 16 rudal sebelum platform peluncur terdeteksi.

Kapal kargo komersial yang digunakan sebagai peluncur sama sekali tidak perlu dimodifikasi. Bahkan, untuk perlindungan tambahan, kapal terseut juga dapat dilengkapi dengan rudal anti kapal, rudal pertahanan udara dan berbagai macam sensor, yang semuanya dapat disamarkan.

BACA JUGA :  C-130 Hercules, Pesawat Angkut Militer Yang Multifungsi

Sistem LORA berbasis darat
Sistem LORA berbasis darat

Dengan penampakannya, dan legalitas kapalnya sebagai kapal kargo komersial, diharapkan sistem senjata LORA tersebut dapat masuk jauh ke belakang garis pertahanan musuh sebelum akhirnya melakukan serangan.

Tentu saja, setelah melakukan serangan LORA, jika ketahuan, kapal kargo tersebut akan kehilangan perlindungannya sebagai kapal sipil dan sah hukumnya untuk dianggap sebagai target militer oleh lawan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa

Sejarah Insiden Bawean: Aksi Koboi F/A-18 US Navy di Atas Laut Jawa - HobbyMiliter.com. Aksi koboi udara Amerika Serikat pernah terjadi tanggal 3 Juli 2003...

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer

Modifikasi Heli Serang Bell AH-1J, Langkah Iran Merevitalisasi Kekuatan Militer - HobbyMiliter.com. Seiring meningkatnya ketegangan, menyusul mundurnya Amerika Serikat dari kesepakatan damai yang ditandatangani era...

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang

Mengenal Kawasaki P1 Pesawat Patroli Maritim Baru dari Jepang - HobbyMiliter.com. Jepang sadar betul posisi dan kondisi geografisnya sebagai negeri kepulauan. Terlebih dalam hubungan dengan...

Foto Foto Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye

Menengok Kuburan Pesawat Tempur Rusia di Lebyazhye - HobbyMiliter.com -  Lebyazhye Air Force Base dulunya adalah pangkalan udara militer milik Angkatan Udara Rusia. Pangkalan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua