Wednesday, June 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiCiri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu

Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu

Ruang Lingkup Sejarah

Selain sejarah sebagai ilmu, sejarah juga dibagi menjadi 3 bagian lainnya yaitu sejarah sebagai kisah, sejarah sebagai seni dan sejarah sebagai peristiwa.

  1. Sejarah sebagai Ilmu
    Sejarah sebagai ilmu artinya sejarah dijadikan sebagai pengetahuan yang sudah terverifikasi, teruji dan bisa dipertanggung jawabkan fakta dan data yang ada di dalamnya.
  2. Sejarah sebagai Peristiwa
    Sejarah sebagai peristiwa artinya adalah suatu yang terjadi di masa lalu dalam kehidupan masyarakat. Tetapi tidak semua peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa dikatakan sebagai sejarah. Contoh sejarah sebagai peristiwa adalah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 dan peristiwa G30S PKI tahun 1965.
  3. Sejarah sebagai Kisah
    Sejarah sebagai kisah artinya sejarah yang mempelajari cerita atau kisah yang didasarkan dari pengalaman di masa lalu. Biasanya sejarah sebagai kisah ini merupakan hasil penggambaran dari seorang sejarawan terhadap suatu peristiwa di masa lalu.
  4. Sejarah sebagai Seni
    Adalah sejarah yang terdapat nilai rekreatif dan keindahan yang membuat suatu peristiwa atau kisah sejarah dijadikan bentuk seni.
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MiG-31 Foxhound, Interceptor Supersonic Rusia

0
MiG-31, Interceptor Supersonic Rusia - HobbyMiliter.com. MiG-31 Foxhound adalah mesin perang Rusia. Versi terbarunya adalah MiG-31BM, kode BM (Bolshaya Modernizatsiya atau Big Modernization) jadi penanda...

Recent Comments