Saturday, April 27, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara

Sejarah Syekh Jumadil Kubro Bapak Para Wali Songo di Nusantara

Jadi berdasarkan silsilah ini maka para Wali Songo masih memiliki darah keturunan dari Uzbekistan.

Sejarah Syekh Jumadil Kubro

Banyak pendapat tentang keberadaan makam atau petilasan dari Syekh Jumadil Kubro ada di beberapa tempat seperti di situs Trowulan Majapahit. Yang menunjukan bahwa Beliau memiliki kedekatan dengan pejabat kerajaan Hindu terbesar. Tetapi sebenarnya lokasi makam tersebut adalah makan khusus untuk memakamkan kerabat raja atau orang istana Majapahit.

Dengan adanya kepercayaan tersebut, diyakini jika Syekh Jumadil Kubro telah menyebarkan agama Islam ke dalam kerajaan Majapahit pada masa keturunan kerajaan. Sasaran kegiatan dakwahnya adalah dilingkungan kerajaan di daerah Trowulan Mojokerto. Saat itu, Beliau mendapatkan tantangan dan kesulitan dalam berdakwahnya.

BACA JUGA :  Bantu Militan Sunni dan Kurdi, Turki Serang Posisi ISIS di Luar Mosul

Di dalam beberapa referensi tentang Syekh Jumadil Kubro adalah seorang ulama besar pada zamannya yang sempat menghadap ke Sultan Muhammad I sebagai penguasa kekhalifahan Turki Usmani pada saat ini.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kendaraan tempur modular versi pembawa meriam 105 milimeter buatan NORINCO

NORINCO Kembangkan Kendaraan Tempur Modular Lapis Baja

0
HobbyMiliter.com - Perusahaan pertahanan asal China, NORINCO akan menampilkan kendaraan tempur roda ban 8x8 dengan kemampuan modular. Kendaraan yang sedang dalam pengembangan ini akan ditampilkan...

Recent Comments