Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Pengertian, Sejarah dan Ciri-Ciri Zaman Arkaekum

Karena zaman Arkaekum merupakan zaman pertama, bagaimanakah keadaan bumi pada saat itu?

Pengertian dan Sejarah Zaman Arkaekum

Zaman Arkaekum adalah zaman yang paling tua dari proses pembentukan bumi yang diperkirakan terjadi sekitar 2500 juta tahun yang lalu. Di zaman ini keadaan bumi masih belum stabil, udara di bumi masih panas dan kulit bumi masih dalam proses pembentukannya. Sehingga tidak dimungkinkan terdapat tanda-tanda kehidupan dan makhluk hidup yang bisa bertahan di zaman Arkaekum.

Pada zaman ini gas metana masih menjadi yang paling dominan ada di bumi, sehingga membuat langit bumi berwarna merah. Penyebab suhu yang sangat panas di bumi karena ada pengaruh dari pembentukan inti bumi oleh unsur radioaktif di dalamnya.
Batuan pada kerak bumi nantinya menjadi lapisan luar dari kulit bumi yang masih pada tahap pembentukannya. Kerak bumi terbentuk dari pendinginan bagian tepi balon bumi yang merupakan cikal bakal dari bumi.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Selain itu pada zaman ini terdapat pergeseran lempeng bumi yang membuat adanya gempa dimana saja yang membuat kerak bumi mulai bermunculan. Penggambaran di zaman ini, lautan berwarna kehijauan. Hal ini karena tingginya ion besi yang terkandung di dalam air.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China

1
HobbyMiliter.com - Korps Marinir TNI AL Terima MLRS Type 90B Buatan NORINCO China. Diam - diam, Korps Marinir TNI AL kembali menambah jumlah alat utama sistem...

Recent Comments