Thursday, December 2, 2021
HomeMiliterAlutsistaTaiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang

Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang

Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 9 September 2021 waktu setempat, presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, meninjau langsung proses peresmian kapal perang Ta Chiang. Persemian kapal perang buatan dalam negeri Taiwan tersebut dilakukan di Pangkalan Angkatan Laut Su’ao, yang terletak di wilayah Yilan. Kapal perang yang diberi nama Ta Chiang ini juga dijuluki sebagai kapal perang “Carrier Killer” atau kapal perang “Pembunuh Kapal Induk”. Ta Chiang sendiri merupakan kapal pertama produksi dalam negeri Taiwan yang dirancang untuk mampu menghadapi ancaman dari udara maupun dari permukaan laut.

BACA JUGA :  AS Kecam Kunjungan Presiden Taiwan Ke Area Sengketa Laut Cina Selatan

Disebut oleh beberapa media sebagai kapal perang kelas Korvet, Ta Chiang mengadopsi desain lambung kapal (hull) berbentuk Catamaran dengan kemampuan membawa sebanyak 28 unit peluru kendali (rudal) anti kapal Hsiung Feng II dan Hsiung Feng III serta rudal anti pesawat Sea Sword II. Tentu ini cukup mengesankan mengingat tidak banyak kapal perang di kelas Korvet yang mampu membawa muatan peluru kendali sebanyak ini. Pemilihan bentuk lambung kapal yang mengadopsi Catamaran dimaksudkan sebagai upaya untuk memampukan kapal perang ini tetap dapat melaju dengan cepat dengan tetap mempertahankan kemampuan siluman atau Stealthiness nya. Dilansir beberapa media, kapal perang ini sanggup melaju dengan kecepatan hingga 40 knot atau 74 kilometer per jam.

BACA JUGA :  Rusia Gelar Latihan Sistem Senjata Pertahanan Pantai Dekat Perbatasan

Dibuat oleh galangan kapal Lung Teh Shipbuilding Company, rencananya sebanyak 6 unit kapal perang kelas Ta Chiang akan memperkuat jajaran armada Angkatan Laut Taiwan. Rencananya, kapal perang “Pembunuh Kapal Induk” ini akan ditempatkan pada area pantai bagian timur negara tersebut untuk mengantisipasi adanya gangguan dari kapal-kapal perang dan atau pesawat militer China. Ditegaskan oleh presiden Tsai Ing-wen, kapal perang tersebut merupakan bukti bahwa “dalam menuju kemandirian industri pertahanan dalam negeri, tidak peduli bagaimanapun rintangan yang menghadang, kita (Taiwan,red) akan mampu mengatasinya satu per satu.”

BACA JUGA :  Video Kapal Perang Arab Saudi Dihajar Rudal Anti Kapal Pemberontak Houthi Di Lepas Pantai Yaman

Dengan kondisi hubungan bilateral yang tidak stabil dan keberhasilan China dalam “memblokir” proses penjualan sistem senjata bagi militer Taiwan, tentu, Ta Chiang menjadi salah satu tumpuan harapan bagi militer Taiwan dalam upaya mempertahankan kedaulatan negara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua