Friday, January 27, 2023
HomeAlutsistaRudalDaftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat – HobbyMiliter.com. Sebagai pewaris utama dari negara Uni Soviet yang sudah bubar, Rusia memperoleh sebagian besar teknologi rudal Uni Soviet bersama senjata senjata nuklirnya. Sedangkan tiga negara pewaris senjata nuklir Uni Soviet lainnya, Ukraina, Kazakstan dan Belarus, dipaksa menyerahkan (atau menghancurkan) senjata nuklirnya ke Rusia dengan imbalan keamanan dan kredit pembangunan dari Rusia dan Amerika lalu bergabung ke perjanjian NPT.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Scud sebenarnya hanya ada dua versi resmi R-11 atau “Scud A” dan R-17 atau “Scud B”. Tapi sistem indeks dari Soviet kadang membingungkan, kayak Scud B ini, misilnya disebut 9P117 tapi sistemnya lengkap (dari kendaraan peluncur, misil, kendaraan pengangkut bahan bakar dan oxidizer, survei, komando sampai kendaraan meteorologi) disebut 9K72 “Elbrus”. Penamaan Scud A, B, C dan D bukan nama resmi. Yang ada hanya dua di atas. Entah mau varian yang bisa diangkut heli 9K73 (R-17V) sampai versi paling akhir 9K720 (9P117-VTO “Aerofon” misilnya) tetap masuk keluarga “Scud B”. Sisanya yang C dan D ya bisa bisanya saja Pentagon ato pers yang bikin nama.
    Circular Error Probability/Probable adalah standar ukuran akurasi senjata balistik (umumnya) menuju sasaran. Kalo dikatakan CEP 3 km artinya, misal, dari 10 rudal ditembakkan, 5 masuk dalam area 3 km itu dan sisanya nyasar entah ke mana ato apa, pokoknya gak sampek sasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UAV Bomber Wing Loong II yang akan ditampilkan pada Zhuhai Airshow 2016

China Akan Tampilkan UAV Wing Loong II Di Zhuhai Airshow 2016

3
HobbyMiliter.com - Perusahaan pembuat pesawat militer China, Chengdu Aircraft Corporation direncanakan akan menampilkan UAV Bomber pada acara eksibisi Airshow China 2016 atau yang azim disebut...

Recent Comments