Tuesday, May 24, 2022
HomeAlutsistaRudalDaftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat – HobbyMiliter.com. Sebagai pewaris utama dari negara Uni Soviet yang sudah bubar, Rusia memperoleh sebagian besar teknologi rudal Uni Soviet bersama senjata senjata nuklirnya. Sedangkan tiga negara pewaris senjata nuklir Uni Soviet lainnya, Ukraina, Kazakstan dan Belarus, dipaksa menyerahkan (atau menghancurkan) senjata nuklirnya ke Rusia dengan imbalan keamanan dan kredit pembangunan dari Rusia dan Amerika lalu bergabung ke perjanjian NPT.

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat
Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Sebagai pemilik sebagian besar teknologi militer Soviet, Rusia merupakan pemilik inventori terbesar rudal balistik dan rudal jelajah di dunia. Rusia, setelah berhasil berjuang memperbaiki ekonominya yang morat marit sepeninggal Uni Soviet, tetap meneruskan pengembangan berbagai teknologi rudalnya dari segala tipe. Dan pasukan roket strategis Rusia tetap menjadi elemen terpenting dalam setiap strategi militer global Rusia.

BACA JUGA :  Pasukan Oposisi Suriah Terima Peluncur Roket BM-21 Grad Terbaru

Rudal rudal Rusia memiliki tugas dan misi yang beragam. Mulai dari rudal yang memiliki tugas melakukan strategi anti akses/area denial dalam konflik lokal berskala kecil hingga rudal strategis yang bertugas membuat kiamat lawannya di seberang benua.

Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat
Daftar Rudal Balistik Rusia, Dari Rudal Scud Sampai Rudal Sarmat

Program modernisasi pasukan roket strategisnya tetap dilakukan dengan perkembangan yang maju secara signifikan. Rusia sepeninggal Soviet, memensiunkan banyak rudal lawasnya dan mengembangkan generasi baru rudal balistik untuk mempertahankan kemampuannya sebagai salah satu negara bersenjata nuklir. Selain itu Rusia juga mengembangkan rudal jelajah baru yang jauh lebih presisi dari teknologi yang dikembangkan Soviet, mendekati kemampuan rudal balistik buatan rival utamanya.

Di halaman berikut kita akan mengenal jenis jenis rudal balistik Rusia. Daftar ini tidaklah lengkap dan akan selalu dilengkapi dan diperbaharui jika ada perkembangan di masa depan.

BACA JUGA :  Iran Kirim Kapal Perusak Ke Yaman, Potensi Konflik Dengan AS Meluas

Rudal Scud Rusia (SS-1)

Rudal Scud Rusia
Rudal Scud Rusia

Rudal Scud (SS-1) merupakan rudal balistik regional jarak pendek yang dikembangkan oleh Uni Soviet pada masa perang dingin. Saat ini, ribuan rudal Scud sudah pensiun dan didaur ulang oleh Rusia. Walaupun begitu, rudal Scud masih menjadi senjata bagi banyak negara lain yang membelinya dari Uni Soviet. Bahkan kemudian mengembangkan industri roket strategisnya berdasarkan reverse engineering dari rudal Scud ini.

Rudal Scud ini mulai terkenal pada saat perang Irak Iran. Masing masing negara punya cukup banyak Scud. Irak memperolehnya secara langsung dari Uni Soviet dan Iran memperolehnya sebagai hasil operasi intelijen di Libya (dan kemudian Korea Utara). Pada tanggal 29 Februari hingga 20 April 1988, Irak meluncurkan 189 rudal Al Hussein (Rudal Scud yang sudah di upgrade sendiri) ke Iran, dimana 135 berhasil mendarat di Teheran.

BACA JUGA :  Rusia Kembangkan Unit Robot Tempur Berukuran Tas Ransel
Patriot menghadang rudal scud diatas Te Aviv, 12 Februari 1991
Patriot menghadang rudal scud diatas Te Aviv, 12 Februari 1991

Dan sebagai balasannya Iran meluncurkan 80-an rudal Hwasong 5 (Rudal Scud yang sudah di upgrade oleh Korea Utara) yang kemudian mendarat dengan sukses di Bagdad. Periode ini dikenal sebagai Scud Duel alias War of The Cities.

Versi asli Soviet dari rudal Scud ini memiliki jarak jangkau sekitar 180 kilometer dengan akurasi sekitar 3 kilometer dan dikenal sebagai Scud A. Akurasi 3 kilometer artinya, jika diluncurkan ke suatu target, maka bisa saja mendaratnya melenceng dalam radius 3 km dari target. Versi terakhir dari rudal Scud original, yaitu Scud D memiliki jarak jangkau 700 kilometer dengan akurasi sekitar 50 meter.

Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

3 COMMENTS

  1. Scud sebenarnya hanya ada dua versi resmi R-11 atau “Scud A” dan R-17 atau “Scud B”. Tapi sistem indeks dari Soviet kadang membingungkan, kayak Scud B ini, misilnya disebut 9P117 tapi sistemnya lengkap (dari kendaraan peluncur, misil, kendaraan pengangkut bahan bakar dan oxidizer, survei, komando sampai kendaraan meteorologi) disebut 9K72 “Elbrus”. Penamaan Scud A, B, C dan D bukan nama resmi. Yang ada hanya dua di atas. Entah mau varian yang bisa diangkut heli 9K73 (R-17V) sampai versi paling akhir 9K720 (9P117-VTO “Aerofon” misilnya) tetap masuk keluarga “Scud B”. Sisanya yang C dan D ya bisa bisanya saja Pentagon ato pers yang bikin nama.
    Circular Error Probability/Probable adalah standar ukuran akurasi senjata balistik (umumnya) menuju sasaran. Kalo dikatakan CEP 3 km artinya, misal, dari 10 rudal ditembakkan, 5 masuk dalam area 3 km itu dan sisanya nyasar entah ke mana ato apa, pokoknya gak sampek sasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KSAU Apresiasi Keberhasilan Tes Rudal KH-29TE dari Pesawat Sukhoi TNI-AU

0
KSAU Apresiasi Keberhasilan Tes Rudal KH-29TE dari Pesawat Sukhoi TNI-AU - HobbyMiliter.com - Penerbang TNI AU sukses menguji penembakan Peluru Kendali (Rudal) KH-29TE dari pesawat...

Recent Comments