Tuesday, November 24, 2020
Home Berita Militer Berita Militer Dunia Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS

Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS

Permintaan Pembelian M109A6 Paladin Arab Saudi Disetujui AS – HobbyMiliter.com – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dikabarkan menyetujui permintaan pembelian sebanyak 180 unit meriam howitzer swagerak atau Self-Propelled Howitzers (disingkat SPH) jenis M109A6 Paladin. Demikian dilansir oleh Defense Security Cooperation Agency atau disingkat DSCA pada tanggal 5 April 2018 lalu.

Dikabarkan platform meriam howitzer swagerak dari jenis M109A6 Paladin tersebut akan membuat Angkatan Bersenjata Arab Saudi diperlengkapi dengan sebanyak 177 unit meriam howitzer swagerak M109A6 Paladin dan 3 unit sisa dari kuota 180 unit tersebut akan dijadikan unit kendaraan latihan statis untuk calon pengawak meriam howitzer swagerak tersebut.

BACA JUGA :  China Pasarkan Radar Anti Pesawat Tempur Siluman

Untuk mendapatkan unsur alutsista canggih tersebut, pemerintah Arab Saudi merogoh kocek sebesar 1,31 Milyar Dollar AS. Dalam kontrak prestisius tersebut, tidak hanya unit meriam swagerak saja yang akan dikirimkan oleh Amerika Serikat, tetapi juga lengkap beserta satu pucuk senapan mesin berat kaliber 12,7 milimeter di tiap unit meriam swagerak tersebut.

Selain senapan mesin untuk senjata pertahanan diri, nantinya juga akan dipasok sebanyak 8 unit Advanced Field Artillery Tactical Data Systems (AFATDS) yang merupakan sistem kendali dan komando penembakan artileri besutan Raytheon. Sistem AFATDS ini juga dipakai oleh pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat atau US Army dan Korps Marinir Amerika Serikat atau United States Marine Corps dalam setiap pergelaran unit artileri yang mereka miliki.

BACA JUGA :  Rudal Romah, Misil GPS Otomatis Terakurat Milik Israel

Meskipun merupakan senjata artileri swagerak yang tergolong baru bukan berarti Arab Saudi belum berpengalaman dalam mengoperasikan sistem senjata meriam artileri swagerak. Ini dibuktikan dengan catatan singkat di akhir pengumuman penjualan 180 unit meriam howitzer swagerak jenis M109A6 Paladin kepada Arab Saudi.

Disebut bahwa Arab Saudi telah mengoperasikan juga meriam howitzer swagerak jenis M109A2, M109A3, dan jenis M109A5, yang mana semuanya merupakan sistem yang sama yang digunakan sebagai basis pengembangan M109A6 Paladin. Dengan banyaknya meriam swagerak yang dioperasikan oleh Arab Saudi, disebutkan juga dalam pengumuman yang dilansir oleh DSCA Amerika Serikat bahwa tujuan pembelian M109A6 ini adalah untuk meningkatkan kemampuan personel militer Arab Saudi dalam melaksanakan misi bantuan tempur bagi pasukannya yang diterjunkan di wilayah konflik sekaligus untuk memperkuat pengamanan terhadap titik – titik  perbatasan negara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua