Wednesday, February 8, 2023
HomeBlog MiliterNorinco Sky Dragon 12: Sistem Rudal Berdesain Pantsir S-1

Norinco Sky Dragon 12: Sistem Rudal Berdesain Pantsir S-1

HobbyMiliter.com – Norinco Sky Dragon 12: Sistem Rudal Berdesain Pantsir S-1. Sistem pertahanan udara pabrikan Cina ini hampir mirip dengan Pantsir S-1 produksi Rusia. Sky Dragon 12 rancangan Norinco (North Industries Corporation) dipasangan pada platform heavy truck 8×8, menggunakan 12 rudal (6 unit pada tiap sisinya) serta radar pendeteksi sasaran yang terhubung dalam satu mounting. Walaupun agak mirip, tetapi sosok Sky Dragon 12 tidak dilengkapi dengan kanon. Serta pada even Indo Defence 2016 yang lalu, Norinco ikut mempromosikan Sky Dragon 12 untuk melengkapi SHORAD (Short Air Range Air Defence).

Sky dragon 2

Sama halnya dengan Sky Dragon 50, alutsista produksi Cina ini tergolong jenis persenjataan yang cukup modern. Pabrikannya memberikan kode GAS5 Short Range Surface to Air Defense Missile System. Sky Dragon 12 pertama kali dipublikasikan pada publik di even AAD (Africa Aerospace and Defence) Expo di tahun 2014 di Afrika Selatan.

BACA JUGA :  NATO: Rusia Enggan Melakukan Komunikasi Militer Dengan Kami

Sky Dragon tersusun atas unit peluncur (launcher unit), FW2 FCS (Firing Control System), serta IBIS 150 3D Target Designation Radar, merupakan radar yang dipakai juga oleh Sky Dragon 50. Nomor “12” yang tertera merupakan sebagai petunjuk tentang daya jangkau rudal yaitu mencapai 12 km. Rudal yang digunakan mengusung tipe Tianlong 12/SD-12. Rudal ini merupakan “jiplakan” dari rudal 9M311 produksi Rusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara

0
HobbyMiliter.com - Rusia Mulai Pamerkan Sistem Hanud Khusus Kutub Utara. Rusia mulai memamerkan unit sistem senjata pertahanan udara yang nantinya akan digunakan khusus untuk kontingen pasukan...

Recent Comments