Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Batak

Sejarah Perang Batak

Belanda menunggangi penyebaran agama Kristen atau gerakan Zending dengan kepentingan politik dii Batak Tapanulis.

Belanda memicu konflik dengan Kerajaan batak dengan berdalih melindungi kepentingan dari misionaris.

Terjadi penolakan dari Raja Sisingamangaraja XII karena adanya misi Missionaris dari Belanda yang dijalankan oleh Dr Nomensen untuk menyebarkan agama kristen di daerah batak/Tapanuli.

Selain itu sejarah perang Batak yang terjadi selama 29 tahun dilaterbelakangi karena politik dagang Belanda di Batak yang membuat rakyat mengalami penderitaan dan kerugian. Banyak petani di Tapanuli kehilangan pekerjaan dan tanahnya. Karena diterapkanya politik liberal yang memberikan kebebasan penguasa Eropa untuk bisa menyewa tanah penduduk pribumi dengan harga yang murah. Dan dalam proses penyewaan tanah terjadi unsur pemaksaan. Sehingga Raja Sisingamangaraja XII melakukan perlawanan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

CARAT Divex 2021

Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex (Bagian 2)

0
Melihat Dari Dekat Latihan Bersama CARAT 2021 Divex (Bagian 2) - Hobbymiliter.com – Setelah selesai menjalani hari pertama dalam latihan Bersama CARAT 2021 Divex...

Recent Comments