Thursday, May 30, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Perang Batak

Sejarah Perang Batak

Selain itu sejarah perang Batak yang terjadi selama 29 tahun dilaterbelakangi karena politik dagang Belanda di Batak yang membuat rakyat mengalami penderitaan dan kerugian. Banyak petani di Tapanuli kehilangan pekerjaan dan tanahnya. Karena diterapkanya politik liberal yang memberikan kebebasan penguasa Eropa untuk bisa menyewa tanah penduduk pribumi dengan harga yang murah. Dan dalam proses penyewaan tanah terjadi unsur pemaksaan. Sehingga Raja Sisingamangaraja XII melakukan perlawanan.

Kebijakan Belanda yang mencari keuntungan sebesar-besarnya, memberlakukan politik Pax Nederlandica dan mendukung kristenisasi yang dilakukan misionaris. Dengan latar belakang tersebut sehingga terjadi perlawanan raja Batak dan masyarakatnya kepada Belanda.

BACA JUGA :  Biografi Bung Tomo, Orator Pertempuran 10 November 1945

Akibat Perang Batak

Sejarah Perang Batak menyisahkan korban jiwa, penistaan, penindasan, kehancuran, kesedehan dan ketidak bebesan dari masyarakat Batak. Dalam peristiwa Perang Batak, banyak orang batak yang terbunuh, pemukiman hancur/dibakar, dan agama kristen menyebar luas.

Akibat perang Batak, Belanda mengalami krisis pendanaan karena mereka juga saat itu sedang mengatasi perlawanan menghadapi Aceh.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

PMC, Cara China Meningkatkan Pengaruhnya Di Afrika

PMC, Cara China Meningkatkan Pengaruhnya Di Afrika

0
Hobbymiliter.com - PMC, Cara China Meningkatkan Pengaruhnya Di Afrika. Salah satu grup media daring asal India, The Economic Times menyebut bahwa kehadiran Perusahaan Militer...

Recent Comments