Thursday, October 6, 2022
HomeBlog MiliterSejarahLatar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Latar Belakang G30SPKI: Puncak Pemberontakan Partai Komunis Indonesia

Melihat kedudukan Angkatan Darat saat itu, PKI merasa kekuatan militer mereka masih belum sebanding. Karena itulah mereka menganggap penting untuk membentuk Angkatan Kelima yang terdiri dari para buruh dan petani yang dipersenjatai lengkap. Gagasan membentuk Angkatan Kelima ini berasal dari Menteri Luar Negeri Cina, Chou En-Lai saat mengunjungi Jakarta tahun 1965. Chou pun berjanji akan memasok 100 ribu senjata untuk Angkatan Kelima tersebut.

Para pemimpin PKI pun kemudian bermaksud mendesak pembentukan Angkatan Kelima itu guna memperkuat pertahanan. Namun Angkatan Darat bersama Laksamana Muda Martadinata mewakili Angkatan Laut menolak gagasan tersebut dan mengatakan hanya bisa menerimanya kalau Angkatan Kelima itu berada di bawah komando ABRI.

BACA JUGA :  Pengamat: Korut Kembangkan Rudal Kapal Selam Baru?

Konfrontasi Negara Malaysia

Sebagai negara federasi yang terbentuk tanggal 16 September 1963, Malaysia menjadi salah satu faktor penting dalam latar belakang G30SPKI. Hal tersebut disebabkan terjadinya konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia akibat penginjakan lambang Garuda oleh Perdana Menteri Malaysia Tunku Abdul Rahman saat terjadi demonstrasi anti Indonesia di Kuala Lumpur. Hal tersebut membuat Soekarno merasa geram dan murka hingga menyerukan balas dendam dengan slogan Ganyang Malaysia dan memerintahkan Angkatan Darat untuk melakukan pembalasan dendam tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

TNI AL Kembalikan Kemampuan Serangan Jarak Jauh KCR 60M

7
HobbyMiliter.com - TNI AL Kembalikan Kemampuan Serangan Jarak Jauh KCR 60M. Pada ajang eksibisi atau pameran maritim internasional IMDEX 2019 yang dilaksanakan di Singapura, terungkap...

Recent Comments