Amerika Serikat Terapkan Sanksi Baru Atas Program Rudal Balistik Iran

0
1063
40-amerika-serikat-terapkan-sanksi-baru-atas-program-rudal-iran

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat pada hari Minggu (17/1) kemarin mengumumkan sanksi baru terkait program rudal balistik Iran, sehari setelah mencabut sanksi yang berkaitan dengan program nuklir mereka.

Dalam sebuah kata sambutan menanggapi pengumuman AS tersebut, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan bahwa sanksi Amerika ini akan “ditanggapi secara tepat.”

Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah menambah lima warga negara Iran dan sebuah jaringan perusahaan yang bermarkas di Uni Emirat Arab dan Tiongkok ke dalam daftar hitam AS.

BACA JUGA :  MiG-29K Milik AL Rusia Jatuh Di Perairan Mediterania
40-amerika-serikat-terapkan-sanksi-baru-atas-program-rudal-iran
Rudal balistik Iran. Sumber: Associated Press

Pihak Depkeu AS mengatakan bahwa jaringan tersebut “mengaburkan informasi mengenai pengguna barang sensitif dalam industri misil dengan menggunakan perusahaan di negara ketiga sebagai tameng untuk mengelabui pemasok dari luar negeri.” Kelima orang tersebut juga diklaim telah “mengerjakan pengadaan komponen rudal balistik untuk Iran.”

Adam J. Szubin, direktorat jenderal bidang terorisme dan intelijen keuangan mengatakan bahwa “program rudal balistik Iran akan menimbulkan ancaman besar bagi keamanan regional dan global, dan karenanya akan terus dikenakan sanksi internasional.”

BACA JUGA :  Sistem Meriam Howitzer Swa Gerak Otaman 6x6 Diperkenalkan Di Ukraina

Iran pada hari Senin (18/1) kemarin mengecam sanksi baru dari Amerika Serikat atas program rudal balistik mereka. Sanksi ini diberlakukan sehari setelah kesepakatan nuklir bersejarah mereka dengan pihak negara-negara adidaya di Vienna, Austria. Iran menganggap hukuman tersebut “tidak sah.”

“Program rudal Iran tidak pernah dirancang untuk mampu mengangkut senjata nuklir,” demikian ujar juru bicara Kemenlu Iran, Hossein Jaber Ansari kepada kantor berita ISNA.

“Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Iran akan merespon keras propaganda ini dengan mempercepat program rudal balistik legal kami dan memperkuat kemampuan pertahanan,” ujar Ansari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here