Saturday, April 10, 2021
Home Amerika Serikat Terapkan Sanksi Baru Atas Program Rudal Balistik Iran

Amerika Serikat Terapkan Sanksi Baru Atas Program Rudal Balistik Iran

Hobbymiliter.com – Amerika Serikat pada hari Minggu (17/1) kemarin mengumumkan sanksi baru terkait program rudal balistik Iran, sehari setelah mencabut sanksi yang berkaitan dengan program nuklir mereka.

Dalam sebuah kata sambutan menanggapi pengumuman AS tersebut, Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan bahwa sanksi Amerika ini akan “ditanggapi secara tepat.”

Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah menambah lima warga negara Iran dan sebuah jaringan perusahaan yang bermarkas di Uni Emirat Arab dan Tiongkok ke dalam daftar hitam AS.

BACA JUGA :  Ekranoplan KM, Si Monster Laut Kaspia

40-amerika-serikat-terapkan-sanksi-baru-atas-program-rudal-iran
Rudal balistik Iran. Sumber: Associated Press

Pihak Depkeu AS mengatakan bahwa jaringan tersebut “mengaburkan informasi mengenai pengguna barang sensitif dalam industri misil dengan menggunakan perusahaan di negara ketiga sebagai tameng untuk mengelabui pemasok dari luar negeri.” Kelima orang tersebut juga diklaim telah “mengerjakan pengadaan komponen rudal balistik untuk Iran.”

Adam J. Szubin, direktorat jenderal bidang terorisme dan intelijen keuangan mengatakan bahwa “program rudal balistik Iran akan menimbulkan ancaman besar bagi keamanan regional dan global, dan karenanya akan terus dikenakan sanksi internasional.”

BACA JUGA :  Kapal Selam Amerika Dan Inggris Laksanakan ICEX 2018 Di Kutub Utara

Iran pada hari Senin (18/1) kemarin mengecam sanksi baru dari Amerika Serikat atas program rudal balistik mereka. Sanksi ini diberlakukan sehari setelah kesepakatan nuklir bersejarah mereka dengan pihak negara-negara adidaya di Vienna, Austria. Iran menganggap hukuman tersebut “tidak sah.”

“Program rudal Iran tidak pernah dirancang untuk mampu mengangkut senjata nuklir,” demikian ujar juru bicara Kemenlu Iran, Hossein Jaber Ansari kepada kantor berita ISNA.

“Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, Iran akan merespon keras propaganda ini dengan mempercepat program rudal balistik legal kami dan memperkuat kemampuan pertahanan,” ujar Ansari.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua