Wednesday, May 25, 2022
HomeRusia Perkenalkan Rudal ICBM Sarmat

Rusia Perkenalkan Rudal ICBM Sarmat

HobbyMiliter.com – Situs resmi perusahaan Academician V.P.Makeyev State Rocket Centre telah merilis foto impresi pertama rudal nuklir antar benua terbaru milik Rusia yang dinamakan Sarmat ICBM. Rusia saat ini sedang bekerja dalam pembangunan rudal nuklir antar benua jenis baru untuk menggantikan rudal RS-20V Voyevoda atau sesuai panggilan dari NATO, SS-18 Satan.

Deputi Menteri Pertahanan Rusia Yury Borisov menyatakan pada Februari lalu bahwa Sarmat akan dilengkapi dengan beberapa konfigurasi, dengan hulu ledak yang dapat dibawa mencapai berat 10 ton. Rudal balistik baru ini akan dilengkapi dengan fitur MIRV atau Multiple Independently Targetable Re-entry Vehicle atau fitur untuk memprogram koordinat sasaran pada satu rudal balistik yang memiliki kemampuan untuk membawa banyak hulu ledak.

BACA JUGA :  Pesawat Pengintai SAAB Global Eye Sukses Laksanakan Penerbangan Perdana

RS-28 Sarmat atau kode NATO SS X-30 akan menjadi rudal balistik antar benua yang akan diandalkan oleh Rusia di masa depan. Rudal ini di desain oleh biro desain roket Makeyev. Pembangunan rudal ini telah dilangsungkan sejak 2009.

Kemampuan angkut nya yang cukup besar (10 ton untuk hulu ledak yang dapat dibawa) membuat rudal Sarmat mampu membawa 10 hulu ledak nuklir kelas berat dan 15 hulu ledak nuklir kelas ringan. Selain itu, bisa juga dibuat kombinasi hulu ledak dan sistem pengacau atau jammer untuk mengalahkan sistem pertahanan anti rudal balistik. Secara umum, langkah Rusia memperkenalkan rudal ini adalah suatu respon terkait upaya AS membuat sistem pertahanan anti rudal yang disebut proyek Prompt Global Strike.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

SAUDI-YEMEN-CONFLICT

Arab Saudi Berhasil Cegah Rudal Dari Yaman Menuju Kota Suci Mekkah

2
Hobbymiliter.com - Militan Houthi di Yaman pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 menembakkan sebuah rudal balistik menuju kota suci Mekkah, namun berhasil ditangkis oleh...

Recent Comments