Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Tugasnya sebagai pemimpin antara lain menentukan serta merencanakan kegiatan kelompok tersebut. Semasa kepemimpinannya, Sudirman menegaskan pentingnya pendidikan agama terutama mengenai sejarah Islam dan moralitas serta bersikeras mengirim kontingen dari Cilacap dalam konferensi Muhammadiyah di seluruh Jawa. Sementara kepada para anggota yang berumur lebih tua, Sudirman menerapkan disiplin militer.

Sudirman melanjutkan pendidikan di Kweekschool atau sekolah guru yang dikelola Muhammadiyah di Surakarta setelah lulus. Namun hanya bertahan selama satu tahun akibat kekurangan biaya. Pada tahun 1936 Sudirman pun memutuskan kembali ke Cilacap dan mengajar sekolah dasar Muhammadiyah setelah dilatih beberapa gurunya di Wirotomo.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen Meresmikan Kapal Carrier Killer Ta Chang.

Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang

0
Taiwan Resmikan Kapal Perang “Carrier Killer” Ta Chiang - Hobbymiliter.com – Pada hari Kamis, 9 September 2021 waktu setempat, presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, meninjau...

Recent Comments