Tuesday, September 20, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Sudirman diadopsi Raden Cokrosunaryo, suami Tarsem dan memberinya gelar Raden yaitu gelar kebangsawanan suku Jawa, dengan alasan kondisi keuangan mereka yang lebih baik. Hingga usia 18 tahun Sudirman tidak diberitahu bahwa Cokrosunaryo bukanlah ayah kandungnya. Kemudian akhir tahun 1916, saat Cokrosunaryo pensiun sebagai camat, dia memboyong keluarganya untuk menetap di Cilacap, termasuk Sudirman.

Sudirman tumbuh besar dengan mendengar berbagai cerita kepahlawanan, serta diajarkan etika, tata krama priyayi, etos kerja dan juga kesederhanaan rakyat jelata atau wong cilik. Sementara untuk ajaran agama Islam, Sudirman dibimbing oleh Kyai Haji Qahar.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Seal 1

SEAL Carrier Andalan Kopaska TNI AL

0
HobbyMiliter.com – SEAL Carrier Andalan Kopaska TNI AL. SEAL Carrier pada dasarnya merupakan kendaraan khusus untuk keperluan misi penyusupan melalui bawah air dengan target...

Recent Comments