Monday, September 19, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Biografi Jenderal Sudirman: Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia Pertama

Sudirman kemudian didaftarkan ke sekolah pribumi atau Hollandsch Inlandsche School saat dirinya berusia 7 tahun. Namun di tahun kelimanya mengenyam pendidikan di sekolah tersebut, Sudirman diminta berhenti sekolah terkait ejekan yang diterimanya di sekolah milik pemerintah. Walau awalnya ditolak, namun Sudirman dipindahkan ke sekolah menengah milik Taman Siswa di tahun ketujuh sekolahnya.

Namun karena sekolah menengah tersebut tidak terdaftar maka Ordonansi Sekolah Liar kemudian menutupnya saat tahun kedelapan Sudirman sekolah. Sudirman pun pindah ke Sekolah Menengah Wirotomo dimana mayoritas gurunya adalah nasionalis Indonesia yang kemudian mempengaruhi pandangannya akan penjajah Belanda.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi

0
HobbyMiliter.com - Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal Ke Basis Militer Arab Saudi. Sebuah peluru kendali (rudal) dilaporkan menghantam sebuah pangkalan militer milik Arab Saudi, Minggu malam waktu...

Recent Comments