Sunday, September 25, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Penghargaan akan jasa Kartini juga ditunjukkan dengan penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964 tanggal 2 Mei 1964 oleh Presiden Soekarno serta penetapan hari lahir Kartini sebagai hari besar yang dikenal sebagai Hari Kartini yang diperingati tiap tahun. Bentuk penghargaan lain adalah dengan diciptakannya lagu Ibu Kita Kartini oleh W. R, Supratman.

Selain Indonesia, Belanda juga mengungkapkan penghargaan mereka pada Kartini antara lain dengan pemberian nama Jalan RA Kartini atau Kartinistraat di Utrecht yang berbentuk U, RA Kartinistraat berbentuk O di Venlo Belanda Selatan, Raden Adjeng Kartini di Amsterdam Zuidoost serta Jalan Kartini di Haarlem.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

23-kemenlu-prancis-dan-as-desak-turki-hentikan-serangan-ke-kurdistan-suriah

Prancis dan AS Desak Turki Hentikan Serangan Ke Wilayah Kurdistan Suriah

0
Hobbymiliter.com - Kementerian Luar Negeri Prancis secara resmi menyerukan kepada Turki untuk berhenti melakukan serangan bom ke arah wilayah Kurdistan di utara Suriah. Paris mengatakan...

Recent Comments