Thursday, August 6, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Amerika Selamat Tinggal Kapal Perang Ticonderoga

Selamat Tinggal Kapal Perang Ticonderoga

Selamat Tinggal Kapal Perang Ticonderoga – HobbyMiliter.com. Angkatan Laut Amerika Serikat akan mulai kehilangan armada “kapal kombatan berukuran besar” yang dimilikinya pada medio 2020 an nanti. Ini disebabkan adanya rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah kelas Ticonderoga yang merupakan kapal kombatan terbesar dalam tubuh Angkatan Laut Amerika Serikat saat ini.

Kapal – kapal perang kelas Ticonderoga ini rencananya akan mulai dipensiunkan sejak tahun 2020. Diawali dengan pensiunnya USS Mobile Bay dan USS Bunker Hill yang akan memasuki masa pengabdian 35 tahun pada tahun 2020 tersebut. Meskipun demikian, ada beberapa kalangan yang tidak atau kurang menyetujui rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah tersebut. Banyak alasan yang mendasari sikap kontra tersebut. Salah satu diantaranya adalah kebutuhan akan kapal yang “besar, bisa memuat banyak rudal dalam satu kapal, serta kemampuan kapal penjelajah yang sanggup menjelajah jarak jauh untuk mengawal kepentingan internal strategis Amerika”.

BACA JUGA :  Isi Teks Proklamasi Republik Indonesia 17 Agustus 1945

Amerika Serikat sendiri saat ini memang menghadapi banyak musuh baik secara Geografis maupun Taktis-Strategis. Sebut saja Tiongkok yang dengan bangga nya memamerkan kapal perusak Type 055A nya yang terbaru. Kapal perang ini nantinya akan dapat membawa kurang lebih 108-118 tabung peluncur rudal dengan kombinasi rudal anti kapal permukaan, rudal anti kapal selam, serta rudal jelajah dan rudal anti serangan udara.

Untuk kapal perang kelas Ticonderoga milik AS ini, dibekali dengan kurang lebih 122 tabung peluncur rudal. Diperkirakan dengan adanya rencana mempensiunkan kapal – kapal penjelajah tersebut, Angkatan Laut AS akan secara signifikan mengalami penurunan jumlah tabung peluncur rudal dalam armada kapal tempur kombatan permukaan air nya sebanyak 25 persen.

BACA JUGA :  [VIDEO] Sukhoi T-50 PAK FA Ujicobakan Meriam Otomatis 30mm

Dengan pensiun nya armada Kapal Perang kelas Penjelajah Ticonderoga dari jajaran kombatan permukaan Angkatan Laut Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 2020 mendatang, otomatis Amerika harus mencari kapal bendara (Flagship) baru untuk meng akomodir Laksamana atau panglima Armada dalam tugasnya di lautan.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa selain Kapal Induk Nuklir (CVN) Angkatan Laut Amerika juga mengoperasikan Kapal Penjelajah berpeluru kendali (CG) untuk menjadi kapal bendera atau Fagship bagi armada gugus tempur laut milik AL Amerika Serikat. Salah satunya kapal perang kelas Ticonderoga ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua