Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Kartini diizinkan menginjak bangku sekolah di Europese Lagere School hingga usia 12 tahun dimana dia mempelajari bahasa Belanda. Namun Kartini kemudian diwajibkan tinggal di rumah dan dipingit setelah berusia 12 tahun.

Berbekal bahasa Belanda, Kartini pun mulai belajar otodidak dan sering berkomunikasi dengan teman-teman korespondensi dari Belanda, salah satu diantaranya adalah Rosa Abendanon. Kartini menaruh minat tinggi pada kemajuan berpikir perempuan Eropa setelah membaca berbagai buku, koran, serta majalah Eropa hingga dirinya termotivasi untuk memajukan perempuan pribumi. Hal tersebut dikarenakan Kartini melihat perempuan pribumi saat itu berada di status sosial rendah yang keberadaannya kerap tidak dihargai dan hanya diperbolehkan mengurus urusan dapur dan anak tanpa perlu mendapat pendidikan layak.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

69-angkatan-udara-turki-bergabung-di-irak

Turki Kirim Angkatan Udaranya Untuk Bantu Lawan ISIS di Mosul

0
Hobbymiliter.com - Turki pada hari Selasa (18 Oktober) resmi mengkonfirmasi bahwa angkatan udaranya akan ikut ambil bagian dalam operasi untuk menumpas ISIS dari kota...

Recent Comments