Thursday, September 22, 2022
HomeBlog MiliterBiografiBiografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Biografi RA Kartini: Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia

Kartini kemudian dijodohkan orang tuanya dengan bupati Rembang, KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang sudah pernah menikah tiga kali. Menjelang pernikahannya tersebut, penilaian Kartini akan adat Jawa mulai berubah menjadi lebih toleran. Menurutnya pernikahan bisa membawa keuntungan sendiri dalam upayanya mewujudkan keinginan mendirikan sekolah bagi perempuan pribumi.

Perubahan pemikirannya tersebut menyiratkan bahwa Kartini menjadi wanita yang mengutamakan transendensi dimana Kartini lebih memilih untuk berkorban dan mengikuti prinsip patriarki yang ditentangnya selama ini dengan menikahi Adipati Rembang saat dirinya hampir memperoleh impian bersekolah di Betawi.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

2-jet-tempor-pengebom-luar-angkasa-rusia

Rusia Persiapkan Jet Tempur Pengebom Luar Angkasa Dengan Hulu Ledak Nuklir

1
Akademi Pasukan Rudal Strategis Rusia dilaporkan sedang mengembangkan jet tempur pengebom hipersonik yang memiliki kemampuan untuk menembakkan hulu ledak nuklir dari luar angkasa. Demikian...

Recent Comments