Thursday, July 18, 2024
HomeBlog MiliterReferensiPengertian Kepemimpinan Dan Jenis Jenis Gaya Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan Dan Jenis Jenis Gaya Kepemimpinan

Berdasar pada sifat saling percaya dan menghargai satu sama lain, pemimpin memberi ruang dan kesempatan bagi para anggota untuk menyampaikan gagasan dan ide serta berpartisipasi dalam keputusan demi kebaikan perusahaan atau organisasi.

Gaya Kepemimpinan Delegatif

Gaya kepemimpinan dimana pemimpin memberi kebebasan mutlak serta penuh pada para anggota untuk mencapai tujuan dengan memakai cara mereka sendiri, biasa disebut Laissez-faire.

Namun dibutuhkan kematangan sikap serta pribadi masing-masing pemimpin serta para anggotanya dalam melaksanakan tanggung jawab mereka agar gaya kepemimpinan ini bisa berjalan dengan baik dan efektif.

BACA JUGA :  2017, Tiongkok Jual Roket Cepat Tanggap Kuaizhou Generasi Baru Secara Komersial

Gaya Kepemimpinan Transaksional

Gaya kepemimpinan yang mengutamakan transaksi antara pemimpin dengan para anggotanya, dimana pemimpin akan memberikan reward saat anggota berhasil menyelesaikan tugas sesuai kesepakatan sebelumnya. Dengan begitu, para anggota akan lebih termotivasi untuk menjalankan tugas mereka karena ada imbalan reward dari pemimpin.

Gaya Kepemimpinan Transformasional

Gaya kepemimpinan ini sangat memperhatikan serta memperdulikan kesejahteraan dan kemajuan tiap anggotanya hingga bisa membawa perubahan positif dalam diri para anggota. Selain itu para pemimpin juga terlibat langsung dalam proses serta membantu para anggota dalam menyelesaikan tugas dan berdampak pada munculnya semangat positif pada para anggota hingga mereka lebih energik serta antusias dalam melakukan tugas.

BACA JUGA :  Sejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur

Gaya Kepemimpinan Melayani

Gaya kepemimpinan dimana pemimpin mengutamakan kepentingan, kebutuhan dan aspirasi para anggota dibanding kepentingan pribadinya, serta bersedia melayani dengan mendasarkannya pada standar moral spiritual.

Gaya Kepemimpinan Karismatik

Gaya kepemimpinan dimana pemimpin mempunyai pengaruh kuat atas para anggota sebagai hasil dari karisma serta kepercayaan diri yang ditunjukkannya. Pemimpin mampu mempesona para anggota serta meyakinkan mereka untuk mengikuti semua arahan dan perintah yang diberikan.

Gaya Kepemimpinan Situasional

Gaya kepemimpinan yang menyesuaikan semua gaya kepemimpinan yang ada sesuai dengan tahap perkembangan para anggota atau kesiapan para anggota tersebut untuk menjalankan tugas mereka. Dengan begitu gaya kepemimpinan ini akan membuat pemimpin tidak selalu sama atau selalu berubah sesuai dengan situasi serta kondisi yang ada saat itu.

BACA JUGA :  Inilah Batas Wilayah Negara-Negara Asean, Sudah Tahu Belum?

Sekian dulu artikel singkat terkait pengertian kepemimpinan serta gaya, tujuan dan fungsi kepemimpinan. Semoga membantu kamu dalam menentukan kepemimpinan yang akan kamu terapkan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF

0
Australia Terima Dua Unit Jet Tempur F35A Pertama Untuk RAAF - HobbyMiliter.com - Pada tangal 10 Desember 2018, hari Senin yang lalu, Angkatan Udara...

Recent Comments