Friday, April 12, 2024
HomeAlutsistaDrone UAVSejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma

Sejarah Penggunaan Drone MAZLAT SCOUT Dalam Melawan OPM di Operasi Mapenduma

Nah, karena ukuran bodi dan motor propelernya kecil, siapa pula yang bisa menyadari bahwa sekelompok orang tengah diikuti dari ketinggian ribuan meter. Bahkan, untuk suara motornya pun tak akan terdengar jelas lagi. Dengan profil seperti ini, maka beralasan lah jika Prabowo memilih UAV ini dalam Operasi Ma­penduma. Dan, beralasan pula jika pasukan khusus Indonesia berminat memiliki peralatan canggih seperti ini demi ke­langsungan misi serta program pe­latihannya.

Screen Shot 585

Dari tahun 1996 ke tahun 2022 tentu teknologi drone sudah sangat berkembang. Dalam waktu nyaris 30 tahun ini, Mazlat Scout ini tentu sudah sangat ketinggalan dengan katakanlah, Aerostar yang sama sama buatan Israel maupun dengan drone CH-4, dimana keduanya sama sama dimiliki oleh TNI. Di negara tetangga yang baik hati meminjamkan drone ini untuk operasi Mapenduma dulu pun, Scout sudah pensiun dan digantikan dengan IAI Searcher di akhir 90-an. Dan sekarang pun, IAI Searcher tersebut juga sudah pensiun di tahun 2011 dan digantikan oleh IAI Heron 1 dan IAI Hermes 450.

BACA JUGA :  Qatar Hibahkan Kendaraan Tempur Storm APC Untuk Mali

Akankah drone drone berteknologi canggih yang dimiliki TNI ini akan digunakan juga di Papua, sehingga bisa melacak posisi posisi kombatan OPM dibalik rimbunnya hutan lebat Papua dan bisa mengurangi korban jiwa gugurnya tentara tentara terbaik Indonesia? Atau sudah?

Mazlat Scout telah membuktikan di tahun 1996 bahwa operasi drone di Papua memungkinkan dilakukan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

19-peluncur-rudal-bm-21-grad-pasukan-oposisi-suriah

Pasukan Oposisi Suriah Terima Peluncur Roket BM-21 Grad Terbaru

0
Hobbymiliter.com - Pasukan oposisi Suriah dilaporkan telah menerima persediaan alutsista terbaru berupa peluncur roket BM-21 Grad atau yang biasa dikenal dengan nama Grad saja. Pihak...

Recent Comments