Saturday, April 20, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurYF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

Program ini dimaksudkan untuk menghasilkan pesawat tempur yang memiliki kemampuan superior dalam perang udara dan perang elektronik, serta mampu menghindari radar musuh dan membawa senjata yang lebih canggih.

Northrop Corporation dan McDonnell Douglas diberi kontrak untuk merancang dan membangun dua prototipe pesawat tempur ATF, yang kemudian diberi nama YF-23. Northrop dipilih sebagai kontraktor utama pada tahun 1986, dan pada tahun 1990, dua prototipe YF-23 resmi ditunjuk sebagai YF-23A.

Pesawat tempur ini memiliki desain stealth yang memungkinkan untuk menghindari radar musuh, serta memiliki kemampuan superior dalam perang udara dan perang elektronik. Pesawat ini memiliki bentuk yang aerodinamis dan digerakkan oleh dua mesin turbofan General Electric YF119 yang memungkinkan untuk mencapai kecepatan hingga 1,8 Mach atau sekitar 2.200 kilometer per jam.

BACA JUGA :  Rusia Gelar Latihan Sistem Senjata Pertahanan Pantai Dekat Perbatasan

Fitur kunci dari desain pesawat tempur siluman adalah kemampuan stealth nya. Pesawat ini dirancang dengan bentuk yang tajam dan halus untuk mengurangi penampakan radar, serta menggunakan bahan-bahan komposit yang sangat ringan dan kuat, seperti karbon dan kevlar, untuk mengurangi berat dan meningkatkan ketahanan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16 Fighting Falcon - www.hobbymiliter.com

Inilah Asal Mula Julukan Fighting Falcon Bagi F-16

0
HobbyMiliter.com - Julukan Fighting Falcon diperoleh General Dinamics melalui sayembara yang diadakan tahun 1976. Adalah Sersan Joseph A. Kurdeil, supervisor di photo sensor shop...

Recent Comments