Thursday, December 7, 2023
HomeMiliterTeknologi MiliterMengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle

Mengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle

Mengenal Teknologi EPAWSS di Pesawat Tempur F-15 Eagle – HobbyMiliter.com – Pesawat tempur modern harus menghadapi ancaman yang semakin kompleks di medan perang modern. Salah satu sistem yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan pesawat tempur adalah Eagle Passive Active Warning Survivability System (EPAWSS). Perangkat ini adalah sistem pertahanan pesawat terpadu yang dirancang untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan melawan ancaman udara yang beragam. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut tentang EPAWSS dan bagaimana sistem ini meningkatkan keberhasilan pertahanan pesawat tempur.

BACA JUGA :  Pesawat Beechcraft TUDM Jatuh

EPAWSS adalah proyek Angkatan Udara Amerika Serikat yang dikembangkan untuk pesawat tempur F-15E Strike Eagle. Sistem ini bertujuan untuk menggantikan sistem pertahanan pesawat F-15E yang lebih tua dengan solusi yang lebih canggih dan terintegrasi. Perangkat ini memiliki beberapa komponen utama yang bekerja bersama-sama untuk memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman udara.

Salah satu fitur utama EPAWSS adalah kemampuan pasif dan aktif yang unik. Dalam mode pasif, EPAWSS berfungsi sebagai sistem deteksi ancaman dan mendapatkan informasi dari berbagai sensor onboard dan offboard pesawat. Ini termasuk radar pesawat sendiri, sensor elektro-optik, dan informasi intelijen yang diterima dari sistem jaringan pertahanan udara lainnya. Dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan, perangkat ini dapat mengidentifikasi ancaman dan memberikan peringatan kepada pilot.

BACA JUGA :  Drone MQ-8C Fire Scout AL AS & Helikopter Tempur AH-1Z Viper Marinir AS Latihan Bersama

Namun, kemampuan EPAWSS tidak berhenti di sana. Ketika pesawat menghadapi ancaman yang lebih serius, EPAWSS dapat beralih ke mode aktif. Dalam mode ini, EPAWSS dapat menghasilkan sinyal elektromagnetik yang membingungkan atau mengacaukan sistem radar dan pelacak musuh. Hal ini dapat mengganggu kemampuan musuh untuk mengunci atau melacak pesawat, memberikan keuntungan taktis yang signifikan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

94-rusia-pamerkan-kapal-selam-siluman-terbaru

Putin Pamerkan Kapal Selam Siluman Terbaru Rusia dan Berjanji Jaga Laut...

0
Hobbymiliter.com - Vladimir Putin berencana untuk mengirim sebuah kapal selam siluman mematikan yang disebut-sebut mampu menyerang target di udara, darat, dan laut, termasuk perairan...

Recent Comments