Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaPesawat TempurYF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi – HobbyMiliter.com – Pesawat tempur YF-23, juga dikenal sebagai Northrop/McDonnell Douglas YF-23, adalah pesawat tempur tempur generasi ke-5 eksperimental yang dirancang oleh Northrop Corporation dan McDonnell Douglas.

Pesawat ini kalah ketika berkompetisi dengan pesawat tempur YF-22 dalam tender program Advanced Tactical Fighter (ATF) Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 1980-an. Meskipun tidak dipilih sebagai pesawat tempur resmi Amerika Serikat, YF-23 tetap menjadi salah satu pesawat tempur tercanggih yang pernah dibuat. Pemenang tender program ATF, YF-22 sendiri kemudian beroperasi dengan kode F-22 Raptor.

BACA JUGA :  Helikopter Tempur Sea King AU Malaysia Jatuh Timpa Sekolah

Pada tahun 1981, Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) memulai program ATF untuk mengembangkan pesawat tempur generasi ke-5 untuk menggantikan pesawat tempur F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. Unik memang, F-15 dan F-16 keduanya belum 10 tahun beroperasi, program peremajaannya sudah dimulai.

YF-23, Prototype Pesawat Tempur Stealth USAF Yang Gagal Diproduksi

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 Segera Perkuat TNI AL

KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 Segera Perkuat TNI AL

0
Hobbymiliter.com – Kabar baik kembali datang dari industri pertahanan dalam negeri. Kali ini, dua unit kapal patroli cepat dari jenis PC-60 akan segera memperkuat...

Recent Comments