Friday, April 26, 2024
HomePengamat Peringatkan Iran Akan Sering Memprovokasi Angkatan Laut AS

Pengamat Peringatkan Iran Akan Sering Memprovokasi Angkatan Laut AS

5-iran-akan-sering-memprovokasi-as
Angkatan Laut Garda Revolusi Iran (IRGC) Yang Berpatroli Di Selat Hormuz. Sumber: PressTV

“Semua kemungkinan bisa terjadi, namun tidak mungkin seseorang akan menembakkan misil atau melakukan hal serupa tanpa sepengetahuan komando senior,” ujar Anthony Cordesman, pakar keamanan di Center for Strategic and International Studies.

Korps Revolusi Iran yang merupakan militer pelindung “kedaulatan Syiah” Iran dilaporkan menembakkan beberapa unit roket tanpa pelacak sekitar 1,3 kilometer jauhnya dari titik perjalanan kapal USS Harry S. Truman, kapal perusak USS Bulkeley, dan kapal pengangkut Prancis, FS Provence. Kyle Raines, juru bicara CENTCOM mengatakan meski lokasinya dekat dengan lalu lintas perdagangan internasional, namun misil tersebut tidak diarahkan ke kapal-kapal yang melintas di jalur tersebut.

BACA JUGA :  Sejarah Perang Pattimura di Maluku Melawan Belanda

Roket yang ditembakkan tersebut kemungkinan besar adalah granat berpeluncur roket yang dibuat ulang, ujar Cordesman. Ini karena kebanyakan kapal garda revolusi Iran membawa persenjataan ringan.

Kejadian serupa adalah ciri khas dari karakter garda revolusi Iran, yang mana menguasai operasi di sekitar Teluk Persia. Perlu diketahui, bahwa pihak militer Iran sendiri hanya menguasai wilayah di luar teluk tersebut. Korps Garda Revolusi Iran merupakan kekuatan paramiliter yang sering kali memprovokasi pihak barat. Garda ini pernah menyandera 15 awak kapal dan marinir Inggris pada tahun 2007. Namun, dua minggu kemudian, sandera ini pun dilepas tanpa terluka.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ScreenShot304

Hubungan Russia-Turki Memanas, Russia Mulai Membatasi Impor Barang Dan Pekerja Dari...

0
HobbyMiliter.com – Adanya hubungan yang semakin memanas antara negara Russia dan Turki nampaknya memberikan imbas yang cukup besar bagi kedua negara. Bahkan tak hanya memiliki...

Recent Comments