Thursday, July 9, 2020
Home Blog Militer Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51

HobbyMiliter.com – Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Beberapa foto dog fight atau duel udara antara pesawat jet tempur F-16 melawan pesawat jet tempur Sukhoi Su-27 tersebar melalui sebuah blog milik seseorang bernama Phil Drake, kemarin. Meskipun diterbitkan kemarin (6 Januari 2017, red), rupanya kejadian yang tergolong “langka” ini terdokumentasikan pada tanggal 8 November 2016. Tanggal yang sama dengan berlangsungnya pemilihan presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Phil Drake, seorang ‘Spotter’, sebutan bagi sekumpulan orang yang rela mendatangi wilayah sekitar Area 51 untuk sekedar mengambil gambar terkait apa yang dicurigai sebagai “proyek rahasia negara Amerika Serikat”, mendapat momen keberuntungan ketika ia sedang melakukan kegiatan ‘Spotting’ di daerah sekitar Area 51 di Nevada, Amerika Serikat. Momen keberuntungan tersebut yakni saat ia dapat mendokumentasikan sebuah duel udara atau dog fight antara pesawat jet tempur F-16 dengan… Sukhoi Su-27 Flanker !!

BACA JUGA :  John Kerry: AS Siap Menghadang Segala Bentuk Ancaman Korut

Ya, kedua pesawat tempur canggih produksi Amerika Serikat dan Rusia tersebut terlibat dalam suatu duel udara tepat di wilayah udara diatas Area 51. Phil memotret serangkaian aksi kedua pesawat tersebut. Berbagai manuver dilakukan pilot kedua pesawat tersebut. Keduanya tampak saling mengincar posisi belakang lawan mereka untuk dapat melakukan Lock On atau mengunci sasaran. Masing – masing pesawat menunjukkan kemampuan manuver terbaiknya, saling kejar dan meliuk – liuk bagai penari diatas langit.

Berikut terjemahan kutipan tulisan Phil Drake terkait duel udara tersebut :

“Kejadian itu terjadi pada tanggal 8 November 2016, bertepatan dengan pemilihan presiden Amerika Serikat, dan waktu kejadian tersebut berkisar pada jam 15.00 hingga 15.25 waktu setempat. Saya sedang mengunjungi Nevada saat itu, berharap untuk dapat menangkap sekilas pemandangan dari beberapa program pertahanan yang sedang dalam masa uji coba. Pada hari Senin dan Rabu, pesawat tempur dari Skuadron Agressor Nellis AFB, yakni F-15 dan F-16 tampak terbang diatas langit, melepaskan flares dan melakukan manuver Sonic Boom. Siang itu, hari Kamis, saat langit terlihat tenang untuk beberapa jam, dan saya berharap bahwa ini adalah tanda dari sesuatu yang tak biasa, yang sedang diterbangkan. Tiba – tiba suara mesin jet menarik perhatian saya, dan saya melihat ke arah langit biru, hingga saya melihat sebuah jet militer yang mendekat di posisi yang sangat tinggi, meninggalkan jejak contrail di langit. Pesawat itu kemudian dapat dengan mudah dikenali sebagai Sukhoi SU-27 buatan Rusia, dan tidak memiliki tanda insignia nasional atau tanda identifikasi dari negara manapun. Saya mengambil kamera dan memotret duel udara antara Su-27 Flanker dan sebuah F-16. Sorti tersebut sepertinya terdiri dari serangkaian manuver intersepsi atau penyergapan, yang dilakukan dari ketinggian 30 ribu hingga 20 ribu kaki, dan ketika telah selesai melakukan manuver intersepsi, keduanya melakukan manuver berbelok tajam hingga mereka saling berpapasan satu sama lain. Su-27 Flanker yang terlibat dalam manuver tersebut merupakan versi kursi tunggal, sebuah Su-27P, dan pesawat itu menunjukkan semua manuver terbaiknya untuk dapat mencapai posisi di belakang F-16. Saya melihat dalam rasa takjub sembari kedua pesawat itu ‘bertempur’ selama 25 menit sebelum mereka berdua menanjak ke ketinggian yang lebih tinggi dan terbang kembali ke wilayah udara terlarang di Groom Lake. Teman saya yang bertugas sebagai ‘scanner’ sampai terdiam selama kejadian tersebut berlangsung”

BACA JUGA :  China – Jerman Laksanakan Latihan Bersama Combined Aid-2016

Berikut beberapa foto yang diambil oleh Phil Drake saat duel udara tersebut berlangsung.

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51
Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Tampak kedua pesawat berhadapan dan mendekati satu sama lain.
Sumber : theaviationist.com

Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51
Dog Fight F-16 VS Su-27 Diatas Area 51. Tampak kedua pesawat saling berpapasan satu sama lain dalam jarak yang sangat dekat.
Sumber : theaviationist.com

4 COMMENTS

  1. Kalo gak salah su27 yg dijual negara mana gitu ke amerika. Tapi semua perangkat lunaknya di lucuti sebelum dijual ke amerika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov

Kisah Kapal Induk Rusia Admiral Kuznetsov - HobbyMiliter.com. Admiral Kuznetsov saat ini merupakan kapal induk satu satunya milik Rusia. Itupun sebetulnya dalam klasifikasi kapal Angkatan...

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik

EA-18G Growler, Pesawat Tempur Australia Spesialis Peperangan Elektronik - HobbyMiliter.com. Sudah sejak lama, peperangan elektronik dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerjunan pelat pelat logam...

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara

Mengenal AWACS, Radar Terbang Koreografer Pertempuran Udara - HobbyMiliter.com. Perang udara semakin kompleks dengan melibatkan kekuatan teknologi maju dan penguasaan informasi. Konsep early warning...

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa

Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa - HobbyMiliter.com. Dinamisnya pertempuran udara membuat payung udara yang mumpuni tidak bisa hanya mengandalkan eksistensi pesawat tempur...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua