NATO Pensiunkan Unit Kedua Pesawat AWACS E3A

0
773
AWACS E3A Milik NATO Yang Tiba Di Boneyard, Arizona.
AWACS E3A Milik NATO Yang Tiba Di Boneyard, Arizona. Sumber : janes

HobbyMiliter.com – NATO Pensiunkan Unit Kedua Pesawat AWACS E3A. Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO dikabarkan kembali mempensiunkan unit pesawat AWACS E3A kedua setelah sebelumnya mempensiunkan unit pesawat AWACS E3A pertamanya pada bulan Juni tahun 2015 yang lalu. Kedua pesawat tersebut kini telah menjadi penghuni baru di “Boneyard” ; sebutan bagi kompleks “pemakaman” pesawat militer di Amerika Serikat. Kompleks ini dikelola oleh 309th Aerospace Maintenance And Regeneration Group. Kompleks untuk “memakamkan” pesawat – pesawat militer Amerika Serikat ini berada di wilayah Arizona.

Sejak mulai aktif beroperasi pada tahun 1982, NATO E3A Component (Sebutan bagi elemen intai taktis-strategis udara milik NATO) telah menjelma menjadi suatu kekuatan yang diandalkan oleh NATO dalam mendukung terlaksananya berbagai operasi militer perang maupun operasi militer selain perang. E3A Component telah banyak terlibat baik dalam misi tempur taktis-strategis, bantuan kemanusiaan, sampai misi pemulihan akibat terjadinya bencana alam. Dengan kekuatan total 17 unit pesawat di awal pembentukannya, NATO E3A Component telah membuktikan kehandalan alat maupun personel pengawak multi-nasional yang dimilikinya. Saat ini, E3A Component tercatat mengoperasikan kurang lebih 14 unit pesawat AWACS E3A. Sebanyak satu unit pesawat jatuh pada sebuah insiden kecelakaan di tahun 1995. Dua unit yang telah memasuki “Boneyard” ini nantinya akan kembali disusul oleh masuknya satu unit E3A yang lain, membuat kekuatan total 14 pesawat ini akan kembali berkurang menjadi 13 pesawat.

Komponen pesawat intai taktis-strategis E3A milik NATO telah banyak mendukung kelancaran operasi militer pasukan – pasukan koalisi NATO di Afghanistan, negara – negara Balkan, Irak, Libya, wilayah Mediterania, Suriah dan Turki. Rencananya, sebanyak 14 unit pesawat E3A yang tersisa akan diikutsertakan dalam program upgrade Global Air Traffic Management atau GATM yang akan menjaga mereka untuk tetap dalam kondisi layak terbang dan siap siaga hingga waktu pensiun mereka secara bertahap selesai pada tahun 2035 mendatang. Dibangun dari modifikasi platform pesawat komersil Boeing B707, E3 Sentry dibuat dengan kemampuan untuk membawa sebuah piringan radar dengan diameter sebesar 9.1 meter. Radar ini diletakkan dibagian atas badan pesawat, membuatnya mampu menjangkau jarak deteksi hingga sejauh 400 km dan memiliki sudut sapuan gelombang 360 derajat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here