Saturday, April 27, 2024
HomeMantan Kepala Pentagon Salahkan Irak Atas Kemunculan ISIS

Mantan Kepala Pentagon Salahkan Irak Atas Kemunculan ISIS

21-mantan-kepala-pentagon-salahkan-irak-atas-kemunculan-isis-reuters
Chuck Hagel, dalam wawancara di Washington D.C. Sumber: Reuters

Perjanjian tersebut ditandatangani sebulan sebelum Barack Obama menjabat sebagai Presiden AS, dan memulai hitungan mundur untuk menarik pasukan AS dari Irak. Perjanjian ini didukung oleh pemerintah Baghdad yang saat itu dipegang oleh Perdana Menteri Nouri al-Maliki.

“Kami tidak akan dapat menjalankan pemerintahan (Irak), dan seharusnya memang tidak perlu mencoba melakukannya, karena kami tidak akan dapat menanamkan nilai-nilai (Amerika) pada mereka,” ujar Hagel. “Namun saya rasa kepemimpinan di Irak terlalu menyia-nyiakan diri dalam lima tahun, sehingga memungkinkan situasi yang terjadi dalam dua tahun terakhir.”

BACA JUGA :  Udar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3

Hagel merujuk pada hubungan Sunni dan Syiah, serta Kurdi dan Syiah yang semakin memburuk. Ia juga mengatakan bahwa Maliki gagal untuk memenuhi kepentingan undang-undang untuk menyatukan kembali Irak.

“Saya tidak sepenuhnya menyalahkan dia (Maliki), karena pada saat itu ada kekuatan yang lebih kuat daripada yang dapat ia tangani. Namun menurut saya, itulah yang terjadi di Irak. Lima tahun telah terbuang sia-sia, dan hal itulah yang membuat Irak mengarah kepada kekacauan dan pembunuhan besar-besaran hingga sekarang.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ScreenShot293

AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS

1
Mengenal AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS - HobbyMiliter.com - AH-1Z memang bukan heli ciptaan baru pabrik Bell Helicopter Textron AS. Sejarahnya tidak...

Recent Comments