Tuesday, May 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaKRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 Segera Perkuat TNI AL

KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 Segera Perkuat TNI AL

Hobbymiliter.com – Kabar baik kembali datang dari industri pertahanan dalam negeri. Kali ini, dua unit kapal patroli cepat dari jenis PC-60 akan segera memperkuat jajaran armada kapal perang TNI Angkatan Laut. Kedua kapal patroli cepat ini merupakan kapal perang buatan galangan kapal dalam negeri. Kapal – kapal patroli cepat tersebut masing – masing diberi nama KRI Dorang dengan nomor lambung 874 dan KRI Bawal dengan nomor lambung 875. Kedua kapal patroli cepat tersebut merupakan hasil produksi galangan kapal dalam negeri PT Caputra Mitra Sejati. Galangan kapal milik PT Caputra Mitra Sejati berlokasi di wilayah Kabupaten Serang, provinsi Banten. KRI Dorang 874 diluncurkan pada tanggal 18 Maret 2022 lalu.

BACA JUGA :  Belgia Dan Estonia Resmikan Gudang Munisi MAWI Pertama Untuk NATO

KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 merupakan kapal perang unit pertama dan kedua dari program pengadaan Kapal Patroli Cepat PC-60 ukuran 60 meter untuk TNI Angkatan Laut. Dalam rencana pengadaan nya, sebanyak lima unit kapal patroli PC-60 akan dibangun untuk mememnuhi kebutuhan TNI Angkatan Laut. Pembangunan kapal pertama dan kedua dilakukan di galangan kapal milik PT Caputra Mitra Sejati. Kapal ketiga dan keempat masing – masing akan dibangun di galangan kapal PT Karimun Anugrah Sejati dan PT Palindo Marine yang keduanya sama – sama berada di Batam, Kepulauan Riau. Sementara untuk kapal kelima masih belum diputuskan siapa galangan kapal yang akan membangun unit kapal patroli cepat tersebut. Program pengadaan sebanyak lima unit kapal patroli cepat PC-60 ukuran panjang 60 meter untuk TNI Angkatan Laut ini dibiayai dengan skema pembiayaan Multi Years yang dimulai pengerjaannya pada tahun anggaran 2020.

BACA JUGA :  Mengintip Video Pesawat Latih SR-10 Buatan Rusia, Baru Dengan Sayap Mutakhir

Kapal patroli cepat PC-60 memiliki dimensi ukuran panjang 60 meter, lebar 8,5 meter, draught 2,72 meter, dan ditenagai dua unit mesin diesel MTU 20V400M73. Dengan dapur pacu tersebut, kapal PC-60 ini akan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, dan kecepatan jelajah 17 knot. Dari segi jumlah personel, sebanyak 55 orang akan mengawaki tiap unit kapal PC-60 ini. Untuk soal persenjataan, kemungkinan besar KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 ini akan dilengkapi dengan senjata meriam utama kaliber 40 milimeter Leonardo Marlin 40.

BACA JUGA :  USAF Uji Coba Integrasi Prototype Rudal Hypersonic Amerika dengan Bomber B-52

 

Update : KRI Dorang 874 dan KRI Bawal 875 akan memperkuat jajaran armada Koarmada III. Informasi ini dirilis oleh situs resmi Koarmada III yang menyebut bahwa kedua kapal perang tersebut akan memperkuat Komando Armada III dalam mengamankan wilayah perairan Indonesia Timur. KRI Dorang 874 akan memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IX(Ambon) dan KRI Bawal 875 akan memperkuat Satuan Kapal Patroli Lantamal XIV(Sorong). Kedua kapal resmi diluncurkan kemarin, 21 Maret 2022.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-rudal_icbm_rs-26_rubezh_rusia

Mengenal Rudal ICBM RS-26 Rubezh Rusia, Dengan Bobot dan Efektivitas Lebih...

0
Hobbymiliter.com - Koran resmi pemerintah Rusia, Rossiiskaya Gazeta mengklaim bahwa senjata rudal balistik antar benua (ICBM) terbaru negaranya, RS-26 Rubezh, membuat para ahli militer “terkesima.” Dalam...

Recent Comments