Wednesday, April 17, 2024
HomeIran Jual Air Nuklir Ke Amerika Serikat Sebagai Bagian Dari Kesepahaman

Iran Jual Air Nuklir Ke Amerika Serikat Sebagai Bagian Dari Kesepahaman

FILE - This Jan. 15, 2011 file photo shows the heavy water nuclear facility near Arak, Iran. On Tuesday, Dec. 9, 2014, U.N. diplomats said Iran is being accused of illicitly stepping up purchases for its heavy water reactor, which if completed will produce enough plutonium for several nuclear weapons a year. (AP Photo/ISNA, Hamid Foroutan, File)
Fasilitas air berat di kawasan reaktor nuklir Arak, Iran. Sumber: Reuters

“Enam ton dari air berat yang akan diekspor ini akan digunakan pada fasilitas nuklir dan sisanya, digunakan di pusat-pusat penelitian di Amerika,” ujarnya.

Iran memiliki pabrik produksi air berat di dalam lingkungan reaktor nuklir Arak yang telah beroperasi selama beberapa tahun.

Seperti diketahui, dalam perjanjian kesepahaman yang disetujui pada bulan Juli 2015 silam, Iran, bersama dengan kelompok P5+1 (Inggris, Tiongkok, Perancis, Rusia, Amerika Serikat, ditambah Jerman) telah menyetujui untuk mencabut inti dari reaktor nuklir Arak dan mengambil langkah-langkah lainnya untuk memastikan bahwa fasilitas tersebut tidak akan digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir.

BACA JUGA :  Disebut “Usang,” Pemimpin Uni Eropa Balik Serang Donald Trump

Laporan hari Senin silam menyebutkan bahwa Iran telah mencabut inti reaktor nuklirnya, namun Zarean membantah hal ini. Ia menyebut Teheran masih berfokus untuk menyetujui pengganti inti reaktor yang akan dirancang ulang dengan bantuan Tiongkok dan AS.

“Sebelum perjanjian tersebut diselesaikan, kami tidak akan melakukan tindakan apapun untuk mencabut inti reaktor nuklir Arak.”

Kesepakatan dengan grup P5+1 juga membuat Iran harus mengurangi jumlah sentrifugal dalam reaktor nuklirnya dan mengirim kotak persediaan unsur Uranium mereka ke Rusia.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

11692754_1023557004324232_5290383548267135133_n

Beauties of 60’s

0
HobbyMiliter.com - Daliborka Stojši?, Miss Universe of Yugoslavia, with a MiG-21F (NATO FISHBED-C), both of these were very beautiful in their class. 1968.

Recent Comments