Saturday, April 27, 2024
HomeTCG Anatolia, Kapal Serbu Amfibi Modern Turki

TCG Anatolia, Kapal Serbu Amfibi Modern Turki

28-tcg-anatolia-kapal-serbu-amfibi-turki
Penampakan render 3 dimensi TCG Anatolia. Sumber: kokpit.aero

Kapal ini sedang dibangun di fasilitas galangan kapal Sedef, Istanbul. Unit ini diproyeksikan akan menjadi unit kapal perang angkatan laut Turki terbesar dan paling lengkap pada saat dioperasikan nantinya. Nama Anadolu atau Anatolia sendiri diambil dari daerah Turki yang paling luas wilayahnya.

Menurut laporan pers Turki, kapal ini akan memiliki panjang 225 meter, dan lebar 32 meter, dan berbobot 28.000 ton pada saat dipersenjatai secara lengkap. Unitnya akan mampu mengangkut delapan helikopter tempur, 700 pasukan bataliun infantri, dan 1400 awak kapal.

BACA JUGA :  Laksamana US Navy: Tiongkok Berusaha Kuasai Laut Cina Selatan Secara De Facto

TCG Anatolia juga akan mengusung sebuah landasan pacu dengan kemiringan 12 derajat untuk mengakomodir jet tempur dan helikopter perang. Milliyet melaporkan bahwa landasan ini sudah disesuaikan dengan jet tempur siluman F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin, dan pesawat tiltrotor militer Bell Boeing V-22 Osprey. Kapal ini akan beroperasi untuk menjalankan misi ke seluruh wilayah dunia.

“Jet tempur kelas F-35B generasi kelima dan delapan unit helikopter dapat diangkut diatas kapal ini untuk selanjutnya berangkat di area Laut Aegea, Laut Hitam dan Mediterania, serta Samudera Hindia dan Atlantik bila diperlukan,” tulis Milliyet.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan...

0
Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya - HobbyMiliter.com - Banyak pemberontakan terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya...
Beechcraft Baron, Pesawat Sejenis yang Dioperasikan TNI-AL

Pesawat Latih Baru TNI AL

Recent Comments