Thursday, August 13, 2020
Home Indonesia Modifikasi Land Rover Menjadi Mobil Penangkal Rudal

Indonesia Modifikasi Land Rover Menjadi Mobil Penangkal Rudal

Hobbymiliter.com – Militer Indonesia memang berkembang pesat dan sangat produktif. Setelah pesawat N219 yang berhasil dibuat oleh PT Dirgantara Indonesia, kini giliran PT LEN Industri yang mengembangkan teknologi mobil penangkal rudal.

PT LEN Industri merupakan perusahaan BUMN yang dipercaya untuk mengembangkan teknologi di bidang militer, khususnya mengenai rudal. Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, PT LEN menyematkan teknologi penangkal rudalnya itu ke beberapa mobil merk Land Rover.

Teknologi Mobil Penangkal Rudal
Teknologi Mobil Penangkal Rudal

Namun sangat disayangkan, ternyata proyek pengembangan teknologi mobil penangkal rudal tersebut tidak 100% buatan Indonesia, melainkan hasil kerjasama dengan Inggris. Meski demikian, langkah Indonesia dalam meningkatkan kualitas alutsista negeri ini patut diapresiasi, mengingat banyak langkah besar yang telah pemerintah lakukan.

BACA JUGA :  KRI Bima Suci, Kapal Latih TNI AL Pengganti KRI Dewaruci dan KRI Arung Samudera

“Kita kerja sama dengan Inggris, tapi kita rakit di sini. Meski bukan 100 persen buatan Indonesia, tapi teknologinya serta baterainya kita kembangkan di sini,” ujar General Manajer Bisnis elektronika pertahanan PT LEN, Upari Rahardi, di lokasi penyimpanan mobil, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/1/2016).

Mobil Penangkal Rudal Dapat Mendeteksi dan Menembak Rudal Ketika Masih di Udara
Mobil Penangkal Rudal Dapat Mendeteksi dan Menembak Rudal Ketika Masih di Udara

Dengan teknologi yang berhasil dikembangkan, kendaraan ini dapat mendeteksi rudal sebelum menyentuh daratan. Bahkan, untuk kedepannya akan dikembangkan mobil yang mampu secara otomatis bergerak ketika mendeteksi rudal.

“Jadi sistem kerjanya, pada saat ada rudal, teknologi kita di dalam mobil ini mendeteksi. Kemudian mobil ini akan menembak ke arah rudal. Rudal musuh akan meledak di udara sebelum menyentuh daratan,” tambah Rahardi.

BACA JUGA :  Persiapan Pra-Operasi Suriah, Turki dan Arab Saudi Gelar Latihan Udara Bersama

Mobil penangkal rudal ini rencananya akan digunakan oleh Kementerian Pertahanan dalam rangka peningkatan jaminan keamanan negara. Namun, saat ini produksi teknologinya masih terbatas, karena masih diproduksi berdasarkan pesanan.

“Jumlah produksi, berdasarkan pesanan dari Kementerian Pertahanan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua