Wednesday, August 17, 2022
HomeKapal Fregat Kelas Ahmad Yani Akan Dipensiunkan Mulai 2017

Kapal Fregat Kelas Ahmad Yani Akan Dipensiunkan Mulai 2017

14-kapal-ahmad-yani-akan-dipensiunkan-pada-2017
KRI Abdul Halim Perdanakusuma, salah satu kapal fregat kelas Ahmad Yani yang akan dipensiunkan mulai tahun depan. Sumber: TNI-AL

Dari segi fisik, kapal kelas Ahmad Yani memiliki panjang total 113,4 meter, beam 12,5 meter, dan draught 4,2 meter. Kapal ini memiliki bobot 2.880 ton ketika mengangkut beban secara penuh. Jumlah awak yang dapat diangkut adalah sebanyak 180 orang.

Kapal ini dipersenjatai oleh meriam Oto Melara kaliber 76 mm sebagai senjata utama, dan empat unit senapan mesin kaliber 12,7 mm sebagai pertahanan titik. Selain itu, Ahmad Yani juga dapat menyerang kapal selam dengan menggunakan enam tabung torpedo yang dapat meluncurkan torpedo jenis Honeywell Mk 46. Awalnya Kapal kelas Ahmad Yani di perlengkapi dengan rudal Sea Cat sebagai pertahanan anti serangan udara dan rudal Harpoon sebagai senjata anti kapal. Saat ini baik Sea Cat maupun Harpoon sudah pensiun dan digantikan rudal mistral sebagai pertahanan anti serangan udara dan rudal C-802 serta Yakhont (khusus KRI Oswald Siahaan) sebagai senjata anti kapal.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

JMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei

JMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei

0
JMSDF Resmikan Operasional Kapal Selam Pertama Dari Kelas Taigei - Hobbymiliter.com – Matra laut militer Jepang, Japan Maritime Self Defense Force atau disingkat JMSDF,...

Recent Comments