Thursday, July 18, 2024
HomeTiongkok Luncurkan Rudal Di Pulau Sengketa Laut Cina Selatan

Tiongkok Luncurkan Rudal Di Pulau Sengketa Laut Cina Selatan

Rudal Surface-to-Air milik Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) Tiongkok. Sumber: Defencetalk.com

Langkah kontroversial dari Beijing ini hanya berselang beberapa jam setelah Obama menutup pertemuan Southeast Asian Summit di California, dimana pemimpin ASEAN menyuarakan keberatannya atas tindakan Tiongkok yang semakin memperkokoh keberadaan militernya di wilayah laut tersebut.

“Kami mendiskusikan kebutuhan akan adanya langkah konkret untuk menurunkan ketegangan di Laut Cina Selatan,” kata Obama. Ia juga menyerukan “penghentian proses reklamasi pulau, pembangunan fasilitas baru, serta militerisasi area yang menjadi sengketa.”

Dalam pernyataan bersama, Obama dan kesepuluh pemimpin negara ASEAN menginginkan adanya “resolusi damai” dalam menyelesaikan sengketa teritori mengenai klaim kepemilikan pantai karang, kepulauan, dan atol di sekitar Laut Cina Selatan.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Personel & Alutsista Angkatan Pertahanan Udara Mesir

Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir

7
Foto Foto Kekuatan Alutsista Pertahanan Udara Mesir - HobbyMiliter.com. Baru baru ini Mesir merayakan peringatan hari Angkatan Pertahanan Udara Nasional (Air Defense Force Day)...

Recent Comments