Wednesday, March 27, 2024
HomeRusia Segera Orbitkan 3D-Printed Nano Satelit Pertama Di Dunia

Rusia Segera Orbitkan 3D-Printed Nano Satelit Pertama Di Dunia

74-rusia-luncurkan-nano-satelit-3d-printed-pertama
Astronot Rusia, Oleg Artemyev, saat meluncurkan satelit mini tahun 2014 silam di ISS. Sumber: BBC

Cubesat hanya memiliki dimensi 300 mm x 100 mm x 100 mm, namun telah dilengkapi dengan fitur yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi satelit penelitian. Satelit ini akan mengorbit Bumi selama enam bulan ke depan, tulis RIA Novosti.

“Ini adalah kali pertama perangkat angkasa dikembangkan dengan memanfaatkan printer 3 dimensi. Kelanjutan pengembangan dari teknologi ini akan memungkinkan kami memproduksi satelit mungil serupa dalam jumlah massal,” kata pernyataan pers dari universitas tersebut.

Rangka satelit tersebut dibuat dari material yang sudah disertifikasi oleh badan antariksa Rusia, Roscosmos. Penyusunannya memanfaatkan teknologi printer 3D. Kebanyakan materialnya mengandung bahan plastik. Baterai zirconium-ceramic pada Cubesat merupakan jenis baterai satu-satunya di dunia. Baterai tersebut dimaksudkan untuk melindungi sumber tenaganya dari fluktuasi suhu yang biasa terjadi di luar angkasa, tambah RIA Novosti.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Helikopter Bell 412 Penerbad melakukan latihan terbang kota dengan terbang rendah di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan ini sempat menghebohkan masyarakat karena dianggap tidak biasa.

Latihan Terbang Kota Penerbad

0
HobbyMiliter.com -  Helikopter Bell 412 Penerbad melakukan latihan terbang kota dengan terbang rendah di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia. Kegiatan ini sempat menghebohkan masyarakat karena...

Recent Comments