Serangan Kelompok Bersenjata Yaman Di Aden, 17 Perawat Panti Jompo Tewas

0
743
80-pria-bersenjata-yaman-bunuh-17-perawat-panti-jompo

Hobbymiliter.com – Empat pria bersenjata dilaporkan membunuh setidaknya 17 orang dalam sebuah serangan di panti jompo yang terletak di kota pelabuhan Aden, Yaman. Demikian disampaikan oleh pejabat dan tenaga medis setempat.

Menurut salah seorang pejabat, gerombolan pria bersenjata tersebut berhasil masuk ke distrik Sheikh Othman di Aden, setelah keempatnya mengaku kepada penjaga bahwa mereka ingin menjenguk ibu mereka. Namun, sejurus kemudian, pria bersenjata tersebut masuk ke bangunan panti dan menembak secara membabi buta.

Sumber medis yang dikutip oleh Aljazeera menyebut bahwa korban meninggal diantaranya adalah enam orang suster Katolik asal India, empat orang perawat setempat, empat orang aparat penjaga, dan tiga orang staf kebersihan.

Pada saat tembakan, pasien yang semuanya adalah warga lansia berteriak ketakutan dan lari tunggang-langgang. Para saksi yang diwawancarai oleh AFP mengatakan bahwa mereka melihat ceceran darah mayat para pekerja, dengan tangan diikat ke belakang.

80-pria-bersenjata-yaman-bunuh-17-perawat-panti-jompo.jpg
Situasi pasca penyerangan di panti jompo di kota Aden, Yaman. Sumber: Reuters

Belum diketahui apa motif penyerangan keempat pria bersenjata yang langsung meninggalkan tempat kejadian. Sampai saat ini, belum ada kelompok bersenjata Yaman yang mengaku bertanggungjawab atas serangan tersebut.

Aden dulunya adalah tempat tinggal bagi komunitas warga Kristen, Yahudi, dan Hindu. Namun, setelah konflik Syiah-Sunni meluas dan presiden sekutu Saudi dikudeta oleh kelompok Houthi Syiah, kelompok minoritas tersebut pun memilih meninggalkan Yaman.

Maret 2015, Yaman terjebak ke dalam perang sipil setelah pasukan Houthi memaksa Presiden Abdul-Rabbu Mansour Hadi untuk kabur ke Arab Saudi. Melihat pihak Syiah yang kini menguasai Yaman, Saudi dan sekutu Sunni-nya tak tinggal diam dengan menerjunkan pasukan udara dan rudal balistik darat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here