Wednesday, March 27, 2024
HomeKudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

Kudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

Kolonel Muharrem Kose. Sumber: twitter.com
Kolonel Muharrem Kose. Sumber: twitter.com

“Gulenist bukanlah kelompok garis keras karena Imam mengajarkan nilai-nilai kebajikan dan mistik Sufi, serta menyerukan adanya pasar bebas, demokrasi, dan toleransi beragama sebagaimana visi awal yang dijalankan oleh pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk,” kata pendukung Gulenist.

Sebelum dijatuhkan oleh Erdogan, gerakan Gulenist memiliki anggota hingga 2000 personil banyaknya di tubuh militer Turki. Pendukung Gulen diketahui banyak mengandalkan sistem peradilan demi menggiring Erdogan untuk diinvestigasi atas kasus korupsi yang banyak melibatkan dirinya. Menurut kaum Gulenist, selama ini pengadilan tidak bisa menyentuh Erdogan. Sejak saat itu, Erdogan dan Fethullah Gulen mulai berseberangan dan akhirnya Gulen pun terpaksa melarikan diri dari Turki setelah dituduh ingin menciptakan “negara di dalam negara” yang sering diistilahkan sebagai “Struktur Paralel” di Turki.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Tes RHan 122mm

Foto Uji Coba Roket RHan 122mm

0
HobbyMiliter.com - Roket RHan adalah sistem MLRS buatan dalam negeri yang sedang dalam masa pengembangan. Roket berkaliber 122mm ini rencananya akan memperkuat sistem senjata...

Recent Comments