Friday, April 19, 2024
HomeKudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

Kudeta Militer Turki: Pemimpin Kudeta Ditangkap, Erdogan Salahkan Gerakan Spiritual Gulenist

Hobbymiliter.com – Kolonel Muharrem Kose, mantan petinggi militer di tubuh angkatan bersenjata Turki, disebut sebagai oleh pemimpin percobaan kudeta yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Reccep Tayyip Erdogan.

Kose diketahui dipecat secara tidak hormat dari kesatuan militer Turki, Maret kemarin karena dituduh terlibat dalam gerakan anti-pemerintah yang menamakan dirinya Gulenist. Gerakan ini bermarkas di Amerika Serikat.

Kose menganggap bahwa nilai-nilai sosial di Turki semakin menjauh dari gerakan sekulerisme setelah Erdogan awalnya menjabat sebagai Perdana Menteri Turki. Ia pun mengklaim bahwa gerakannya berusaha untuk mengembalikan “demokrasi dan HAM di Turki.”

BACA JUGA :  Pasukan Koalisi Lancarkan Serangan Udara Ke Suriah

Sebelum menangkap Muharrem Kose, Presiden Erdogan dalam konferensi persnya sempat menyalahkan pendukung Imam Fethullah Gulen yang juga sering disebut dengan Gulenist atau Hizmet. Namun Gulen yang saat ini tinggal di Pensyllvania, AS, mengaku tidak terlibat menolak disalahkan atas percobaan kudeta tersebut. Pemimpin organisasi “Aliansi untuk Nilai-nilai Bersama” tersebut secara terus terang mengutuk “setiap intervensi militer yang mencoba membuat huru-hara di politik dalam negeri Turki.”

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Batalyon Komando 466 Paskhas menggelar Latihan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pasca Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014

Latihan PHH Batalyon Komando 466 Paskhas

0
HobbyMiliter.com - Batalyon Komando 466 Paskhas menggelar Latihan PHH dalam rangka kesiapan pengamanan pasca Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Lapangan tembak Lanud...
Patroli perbatasan di tanah Papua

Patroli di Tanah Papua

Recent Comments